Lompat ke konten

Cara Memasang CCTV yang Cepat dan Tepat

ilmuteknik.id - Cara Memasang CCTV yang Cepat dan Tepat

Cara memasang CCTV yang dapat kamu ikuti yaitu:

Baca juga Inilah 10 Jenis CCTV yang Jarang Diketahui Orang

  1. Siapkan kabel untuk sistem transmisi, lokasi dimana kamu akan memasang CCTV tersebut. Jika CCTV diletakan di luar ruangan, maka usahakan kabel yang digunakan merupakan kabel kualitas terbaik agar awet terhadap cuaca. Direkomendasikan untuk menggunakan pipa conduit sebagai pelindung kabel dari gangguan luar.
  2. Menentukan dimana dan berapa titik kamera CCTV yang akan dipasang, usahakan titik penempatan kamera CCTV tidak terlihat dan harus dalam kondisi aman serta tidak mudah dijangkau orang lain namun strategis, agar gambar yang dihasilkan bisa menangkau ke keseluruhan area yang ingin di awasi.
  3. Prosedur Cara Memasang CCTV selanjutnya yaitu menentukan jenis kamera CCTV yang akan dipakai. Untuk sistem keamanan, jenis kamera CCTV yang direkomendasikan menggunakan jenis PTZ, karena memiliki kecanggihan dan kelebihan fitur yaitu dapat merekam atau memantau suatu tempat dengan hasil gambar yang terbaik. Kamera dengan kecanggihan terbaik biasanya digunakan pada proyek jalan tol, Pembangkit Listrik, dan Tower. Gambar bisa dizoom, digerakkan kanan, kiri, atas, bawah, serta tahan hujan dan cuaca dan yang terpenting bisa melihat dalam keadaan gelap, selain itu juga bisa dikontrol dari jarak jauh / Internet.
  4. Tentukan kapasitas hardisk pada DVR (Digital Video Recorder) yang akan digunakan, semakin besar kapasitas hardisknya semakin banyak gambar yang dapat disimpan. Siapkan perangkat pendukung CCTV lainnya yaitu monitor, DVR ataupun multiplexer dan alat-alat pendukung lainnya.
  5. Jika semua perangkat dalam instalasi cctv sudah terkoneksi, yaitu mulai dari kamera CCTV – kabel transmisi – DVR/Multiplexer – hingga ke monitor, kemudian cek hasil gambar dimonitor.
  6. Langkah terakhir, jika gambar sudah tampak dilayar monitor, kita tinggal mengoperasikan Controller untuk menggerakkan kamera atau memberikan alarm dan sebagainya jangan lupa untuk direkam. Pemasangan CCTV pun selesai, sehingga kita dapat memantau kondisi suatu ruangan dan meningkatkan keamanan di ruangan tersebut.

Bantu dan support ilmuteknik untuk terus membagikan ilmu-ilmu bermanfaat dengan cara MENGKLIK 1 IKLAN yang menurut kamu menarik.

Baca juga Beberapa Pertimbangan dalam Perencanaan CCTV

Cara Instalasi CCTV

  1. Lakukan survey dan pengukuran kabel untuk CCTV dari DVR ke titik-titik CCTV.
  2. Sebelum melakukan pemasangan CCTV, teknisi memotong terlebih dahulu kabel RG 59 + power sesuai hasil yang telah diukur pada saat melakukan pengukuran  sebelumnya.
  3. Setelah memotong kabel untuk titik-titik CCTV , teknisi memulai instalasi cctv dari letak  DVR ke titik-titik CCTV, kabel RG 59 + power untuk titik-titik CCTV.
  4. Instalasinya melalui dinding dan diberi perlindungan berupa pipa conduit. Kabel RG 59 + power diberi klem agar bisa menempel di dinding.
  5. Untuk selanjutnya setelah kabel RG 59 + power sudah  sampai di masing-masing titik, lakukan terminasi dan menghubungkan ke unit CCTV.
  6. Jika masing-masing titik sudah terhubung ke CCTV, selanjutnya lakukan terminasi dan menghubungkan ke DVR.
  7. Pasang  monitor agar tampilan yang direkam CCTV bisa terlihat.
  8. Setting atau atur DVR, setelah setting selesai CCTV sudah dapat dioperasikan.

Semoga artikel tentang Cara Memasang CCTV yang Cepat dan Tepat ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications