Cara Menggunakan SikaTop-107 Seal ID

CARA MENGGUNAKAN SIKATOP-107 SEAL ID. SikaTop-107 Seal ID merupakan salah satu produk pelapis waterproofing atau pelapis anti bocor yang bisa ditemukan dengan mudah dipasaran. Selain sebagai lapisan anti bocor, SikaTop – 107 Seal ID juga mencegah munculnya jamur.

ilmuteknik.id - SikaTop-107 Seal ID
SikaTop-107 Seal ID

Berdasarkan situs seperti tokopedia, bukalapak, shopee dll harga 1 set campuran SikaTop-107 Seal ID berkisar antara Rp. 330.000,00 – Rp. 400.000,00.

Penggunaan SikaTop-107 Seal ID sebagai pelapis anti bocor dinding dan lantai kamar mandi, bak air, kolam renang, kolam ikan, talang beton, balkon atau area dinding yang lembab atau terkena air hujan.

Dalam satu set penggunaan SikaTop-107 Seal ID memerlukan 2 buah komponen, yaitu komp.A (cairan) dan komp.B bubuk). Satu set terdiri dari 1 jurigen komp A (5 kg) dan 1 sak komp B (20 kg) sehingga total ada 25kg. Aturan pakai yang disarankan adalah sebanyak 2 lapis dengan perbandingan 1-1,5 kg per meter persegi untuk 1 lapisan. Jadi dalam 1 meter persegi menghabiskan total (2 lapis/coating) 2-3 kg. Atau 1 set (25 kg) untuk 8,3 – 12,5 meter persegi.

PENTING !!!

Dalam 1 set campuran Sika Top 107 Seal ID terdiri dari komp.A (cairan) dan komp.B (bubuk), campuran ini tidak boleh diganti salah satunya dengan merk lain, atau ditambahkan dengan material lain seperti semen,air dan pasir.

Cara menggunakan SikaTop-107 Seal ID yaitu:

  1. Pastikan permukaan yang akan dilapisi telah rata dan bersih, jangan ada kotoran seperti pasir dan material lain yang dapat menutup permukaan yang akan di lapisi.
  2. Permukaan lantai atau dinding tidak harus kering, namun lembab. Ingat lembab bukan basah apalagi tergenang oleh air, karena dapat mempengaruhi campuran kompon dan kualitas waterproofing itu.
  3. Tuang 1/2 jerigen komp A kedalam ember lalu masukkan 1 sak komp B ke dalam ember juga. Setelah itu aduk hingga merata. Pada tahap ini campuran akan berbentuk seperti pasta.
  4. Masukkan sisa komp A lalu aduk kembali hingga rata selama kurang lebih 2-3 menit. Disarankan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  5. Aplikasikan dengan kuas minimal 2 lapis.
  6. Lakukan penguasan secara merata dan sabar, karena kuas akan terasa lebih berat. Selain itu campuran harus sering-sering diaduk agar tidak terjadi penggumpalan. Setelah lapisan pertama kering (2-6 jam) baru lakukan pelapisan yang kedua dengan arah menyilang.
  7. Agar waterproofing tidak rusak atau mengkelupas segera lindungi lapisan sika top107 seal dengan screed setebal 2-3 cm.
  8. Untuk dinding eksterior maupun interior dapat dilakuakan pengacian lalu dicat. Agar hasil pengecatan Kamu bagus sebaiknya ikuti Cara Mengecat Dinding Dalam dan Dinding Luar yang sesuai.

.Sialakan kunjungi website resmi SikaTop untuk mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya.

2 thoughts on “Cara Menggunakan SikaTop-107 Seal ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *