Pengertian dan Contoh Pengaplikasian Geotextile

Apa itu geotextile?

Geotextile adalah salah satu bahan geosintetis yang tembus air sehingga dapat digunakan sebagai separator atau pemisah kemudian filter/penyaring dan juga stabilisator atau proteksi dan perkuatan. Geotextile ini dikategorikan menjadi dua yaitu geotextile wonen dan geotextile non woven.

ilmuteknik.id - Contoh Pengaplikasian Geotextile
Contoh Penggunaan Geotextile
  • Geotextile Woven

Geotextile woven yaitu salah satu jenis geotextile yang diproduksi dengan mengadopsi teknik seperti tenun textile. Kemudian berbentuk anyaman, terbuat dari silt film tape polypropylene sehingga memberikan kuat tarik maksimal pada berat tahan minimal.

Strukturnya anyaman yang kasar berfungsi agar mudah koyak atau robek pada saat dipasang di lapangan. Sekilas geotextile woven seperti terpal atau karung beras yang terdiri dari 2 arah anyaman yaitu atas dan bawah.

  • Geotextile Non-Woven

Sesuai namanya, geotextile non woven berbentuk lembaran dan tidak beranyam ( non woven). Geotextile non woven terbuat dari serat serat polimeryang berbahan dasar polypropylene yang dibuat menggunakan mesin berteknologi modern dengan quality control yang tinggi. Pengaplikasian geotextile non woven ini yaitu pada bidang rekayasa geoteknik. Geotextile non woven ini memiliki daya tarik yang cukup tinggi serta memiliki ketahanan akan temperatur,suhu, cuaca, mikroorganisme dan bahan-bahan kimia.

Penggunaan atau Pengaplikasian Geotextile

Pengaplikasian geotextile ada beberapa contohnya, misalnya pada konstruksi jalan. Dimana pada konstruksi jalan geotextile berfungsi sebagai lapisan separator atau pemisah antara tanah dasar dan juga di atasnya sehingga material perkerasan tetap terjaga dalam menyebarkan tegangan.

Selanjutnya yaitu pengaplikasian geotextile pada pantai. Nah geotextile ini dikombinasikan dengan batu atau tetrapod dan digunakan sebagai penahan erosi sehingga pasir itu tidak terbawa oleh arus atau ombak. Nah, disini fungsi geotextile yaitu sebagai filter atau penyaring dan juga separator atau pemisah.

Geotextile juga diaplikasikan pada jalur kereta api. Pada jalur kereta api geotextile digunakan sebagai separator atau pemisah antara tanah dasar dan juga ballast atau batu-batu pecah.

Selanjutnya geotextile diaplikasian untuk pemeliharaan beton. Jadi disini geotextile bisa digunakan sebagai pengganti dari karung goni.

Baca juga >> Cara Menggunakan SikaTop-107 Seal ID ikuti juga INSTAGRAM kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik lainnya.

2 thoughts on “Pengertian dan Contoh Pengaplikasian Geotextile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *