Lompat ke konten

Metode Pengujian Sambungan Geomembrane dengan Air Pressure Test

ilmuteknik.id - Pengujian Sambungan Geomembrane dengan Air Pressure Test

Apa itu Air Pressure Test pada Geomembrane

ilmuteknik.id - Cara penyambungan geomembrane
Cara Penyambungan Geomembrane

Air Pressure test adalah Metode pengetesan yang Non Destructive atau tidak merusak pekerjaan sambungan Geomembrane. Metode ini dapat dilakukan untuk geomembrane dengan ukuran ketebalan 0.3mm – 3mm.

Air Pressure test digunakan untuk pengujian kebocoran pada setiap sambungan overlap geomembrane. Pengetesan Air Pressure test diatur dengan standard ASTM D 5820.

Baca juga Pengertian dan Contoh Pengaplikasian Geotextile

Metode Pengujian Sambungan Geomembrane dengan Air Pressure test adalah sebagai berikut :

1. Pastikan sudah menutup lubang di setiap ujung Air Channel sehingga tidak ada udara yang dapat keluar pada saat dimasukkan tekanan angin dari sambungan geomembrane dan dari ujung lubang Air Channel.

2. Masukkan Jarum Test secara perlahan diantara garis sambungan sampai ke tengah Air Channel.

3. Pastikan tidak ada udara yang bisa keluar dari lubang tusukkan jarum, jika ada lubang atau rembesan udara, bisa ditutup menggunakan Glue gun.

Baca juga Istilah Plumbing WW, SW, CW, HW dan VT

4. Pada pengujian sambungan menggunakan metode air pressure test jumlah masukkan tekanan angin sebesar 20-40 psi tergantung dari ketebalan geomembrane yang digunakan.

5. Setelah memasukkan tekanan angin ke PSI yang sudah ditentukan bisa ditunggu selama kurang lebih 1 menit atau 2 menit. Jika tidak ada penurunan, maka kesimpulan dari pengujian sambungan geomembrane ini yaitu tidak ada yang bocor, namun jika terjadi penurunan secara cepat (dalam 30 detik tekanan sudah habis kembali menjadi 0 maka ada indikasi kebocoran sambungan).

6. Untuk jumlah sambungan yang ditest tergantung kepada kondisi dilapangan dan jumlah sambungan yang ada dilapangan, jika dibawah 20 sambungan, bisa untuk melakukan pengetesan di setiap sambungan, jika lebih dari 20 sambungan geomembrane maka dapat dilakukan di beberapa titik sambungan yang dapat mewakili hasil pengetesan tersebut.

Baca juga Tiga Tips Memilih Genset yang Tepat untuk Rumah

Semoga artikel ini tentang Metode Pengujian Sambungan Geomembrane dengan Air Pressure Test ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications