Cara Menjadi Profesional Welder di Bidang Pemipaan

Profesional welder berbeda dengan tukang las biasa yang biasa bekerja di bengkel. Seorang profesional welder bersertifikasi merupakan sosok penting dalam sebuah proyek, apalagi dalam konstruksi pemipaan. Juru las profesional akan banyak digunakan dalam konstruksi pemipaan logam, bukan HDPE, ataupun PPR.

Semakin hari, dengan didukung pembangunan infrastuktur yang banyak maka profesi juru las akan sangat dibutuhkan. Berbagai proyek pemerintah maupun swasta menjamur di berbagai daerah. Para perusahaan ini tentu saja rela menggaji karyawan dengan angka fantastis, asalkan mampu bekerja dengan maksimal dan sesuai keinginan perusahaan.

JIka kamu berminat menjadi seorang juru las profesional, maka kamu perlu melalui berbagai tahap. Nah, berikut ini adalah 5 tips dan cara menjadi profesional welder berkualitas.

Tips dan Cara Menjadi Profesional Welder di Bidang Pemipaan

1. Mengerti dan Memahami Seluk Beluk Pengelasan Pipa
Kamu harus mengerti dan memahami semua hal tentang pengelasan pipa, mulai dari hal kecil hingga trik-trik yang akan membuat sambungan pipa menjadi maksimal.
Pelajari hal ini melalui sumber manapun, baik dari buku, internet, atau dari orang yang sudah berpengalaman.

Baca juga Prosedur Mendesain Sistem Pemipaan yang Tepat

2. Pelajari Semua Dasar-Dasar Tahap Pengelasan Pipa

Mempelajari dasar-dasar pengelasan pipa adalah hal yang wajib dilakukan, termasuk kelas-kelas yang sudah diklasifikasikan. Misalnya kelas 1 dengan kualifikasi pengelasan sambungan dan tekanan.
Kemudian kelas 2 untuk seorang juru las yang mampu melakukan pengelasan pada penyangga (support) boiler. Untuk klasifikasi welder kelas 3 yaitu pengerjaan pengelasan pada pipa dengan masalah yang tidak telalu krusial.

3. Mengikuti Training

Jika sudah paham, maka tahap selajutnya yaitu rajin-rajinlah mencoba melakukan pengelasan sendiri. Kamu juga dapat mengikuti training agar mendapatkan ilmu serta serfikasi resmi dari lembaga kompetensi keahlian. Seperti Dinas Tenaga Kerja, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

4. Teliti dan Rapi
Tak perlu terburu-buru dalam melakukan pengelasan, pastikan saja hasil kerja pengelasan pipa kamu sudah sangat rapi, teliti, dan rapat sehingga tidak menyisakan ruang kebocoran (undercut & porisity). Hal ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk merekrut profesional welder.
Demi mendapatkan kemampuan ini, kamu perlu banyak belajar dan mengevaluasi pekerjaan sendiri.

5. Diskusi dengan Komunitas Welder
Coba lah bergabung dengan komunitas welder offline maupun online. Grup-grup welder di facebook atau media sosial lainnya sering membahas mengenai teori pengelasan dan membagikan pengalaman sebagai juru las pemipaan.

Gaji Profesional Welder di Indonesia

Gaji profeisonal welder tentunya bergantung pada jam kerja dan kemampuan yang dimiliki. Di Indonesia, seorang juru las bisa digaji sekitar Rp. 3.500.000/bulan hingga Rp. 10 jutaan.
Kemudian untuk yang sudah berpengalaman, misalnya khusus untuk pengelasan pipa air, pipa gas atau minyak.  Welder spesialis ini bisa digaji hingga puluhan juta, tergantung dari jenis proyek, pemilik proyek, dan beberapa alasan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai cara menjadi profesional welder di bidang pemipaan. Oleh karena itu jika kamu berminat segera lah asah kemampuan dan pengalaman kamu.

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Cara Menjadi Profesional Welder di Bidang Pemipaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *