Cara Penanaman Rumput pada Grass Block

ilmuteknik.id - Cara Penanaman Rumput pada Grass Block

Penanaman Rumput pada Grass Block – Penggunaan grass block ini diperuntukkan untuk lantai yang memerlukan resapan atau menginginkan tumbuhnya rumput. Misalnya saja dia area halaman atau taman rumah, maupun trotoar jalan.

Baca juga Taukah Kamu Kenapa Dinding Bata Bisa Retak?

Ketebalan grass block yang biasa tersedia di pasaran yaitu 6 cm dan 8 cm, untuk ketebalan lain ada, namun agak susah dicari dipasaran. Dalam 1m2 luas bidang memerlukan setidaknya sebanyak 7,5 buah grass block, namun hal ini juga bergantung pada dimensi grass blok yang akan digunakan.

Cara pemasangan graass block sebenarnya sama dengan cara pemasangan paving block biasanya. Perbedaannya terletak pada desain grass blok yang memiliki lubang ditengahnya sebagai tempat menanam rumput nantinya, selain itu pada tahap akhir pemasangan grass block tidak perlu ditaburi bubuk pasir.

Lantas apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai pekerjaan pemasangan grass block hingga siap untuk ditanami rumput?

Hal pertama yang perlu disiapkan yaitu memilih dan membeli grass block sesuai dengan desai rencana, kemudian menyiapkan tanah merah dan tanah subur sebagai media penanaman rumput pada grass block nantinya.

Baca juga Perbandingan Rangka Atap Kayu dan Atap Baja Ringan

Pilihlah jenis rumput yang sesuai dengan grass block, untuk jenis rumput ini biasa menggunakan rumput gaja mini ataupun rumput jepang.

Persiapkan area yang akan dipasang grass block pastikan levelnya telah sesuai, kemudian isi grass block menggunakan tanah merah yang halus. Pastikan garis pemasangan grass block harus lurus dan rapi.Pada bagian lubang, isi menggunakan tanah subur.

Baca juga Metode Kerja Pemasangan Pergola Kayu

Pada tahap ini penanaman rumput pada grass block sudah bisa dilakukan. Saat penanaman rumput harus benar-benar melekat pada tanah, sebaiknya lakukan penyiraman terlebih dahulu pada area yang akan ditanami agar nantinya akar rumput dapat melekat pada tanah.

Terakhir sedikit tekan-tekan rumput yang telah ditanam, untuk memastikan rumput telah tertanam dengan baik. Setidaknya lakukan penyiraman 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari, agar rumput tetap segar dan tidak mati.

Semoga artikel ini tentang Cara Penanaman Rumput pada Grass Block ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tags:

  • grass block per m2
  • ukuran grass block
  • manfaat grass block
  • grass block biasa
  • grass block harga
  • paving grass block
  • grass block terdekat
  • harga pasang grass block

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.