Geocell Dalam Konstruksi Jalan – Jenis, Kelebihan, Kekurangan

ilmuteknik.id - pengertian geocell dalam konstruksi jalan

Geocell Dalam Konstruksi Jalan – Geocell adalah panel tiga dimensi yang dapat diperluas. Terbuat dari bahan polietilen densitas tinggi (HDPE), poliester, atau bahan polimer lainnya. Selama pemasangan, strip yang saling berhubungan akan melebar untuk membentuk dinding struktural seluler tiga dimensi yang fleksibel di mana bahan pengisi seperti pasir, tanah, batu, dll., ditempatkan dan dipadatkan. 

Hal tersebut menciptakan sistem drainase bebas, yang menahan bahan pengisi dan mencegah gerakan dengan memberikan traksi melalui penguatan tarik. Dengan demikian, Geocells meningkatkan perilaku struktural dan fungsional bahan pengisi tanah dan agregat.

Tahukah kamu?

Geocell pertama kali dikembangkan pada akhir 1970-an dan awal 1980-an oleh presto geosystems. Geocell khusus untuk geosintetik dibuat menggunakan strip HDPE yang dilas secara ultrasonik dan diperlebar di tempat untuk membentuk struktur sarang lebah yang diisi dengan bahan seperti pasir, tanah, batu, dll.

Geosintetik hanyalah produk sintetis yang digunakan untuk menstabilkan tanah. Tujuan utama penggunaan geocell dalam konstruksi jalan adalah untuk mengendalikan erosi dan stabilisasi tanah, perlindungan saluran, dan perkuatan struktural untuk penopang beban dan penahan tanah.

Baca juga

Berbagai Jenis Geocell

Geocell hadir dalam berbagai jenis dan spesifikasi yang memecahkan berbagai masalah di berbagai jenis tanah. Geocells dikategorikan menjadi dua jenis:

  1. Jenis Geocell berlubang,
  2. Jenis Geocell Tidak Berlubang.

1. Geocell berlubang

Geocell berlubang memiliki lubang seragam di dinding sel yang meningkatkan distribusi tegangan dan mengurangi deformasi. Ini dilakukan melalui sejumlah besar tepi yang berubah menjadi sel. Integritas geocell bergantung pada kekuatan strip berlubang dan las.

Kekuatan tarik dan kekuatan las lapisan geocell ditentukan oleh mesin uji tarik. Kekuatan las strip harus sama atau lebih besar dari kekuatan tarik strip itu sendiri.

2. Geocell Tidak Berlubang

Geocell yang tidak berlubang memiliki dinding yang tebal dan halus. Biasanya berupa lembaran polimer dengan struktur jaring tiga dimensi dengan sambungan paku keling atau pengelasan ultrasonik.

Bagaimana Cara Kerja Geocell Dalam Konstruksi Jalan?

Umumnya, jalan yang tidak beraspal seringkali dibangun di atas tanah yang tidak stabil, seperti tanah liat, rawa gambut, atau pasir. Jika jalan ini tidak dibangun dengan teknologi yang tepat, maka ada kemungkinan material tersebut akan hancur dan mengancam stabilitas jalan tersebut.

Geocell memberikan kekakuan yang kokoh, yang diperlukan untuk memperkuat tanah lunak. Geocell ini mencegah penyusutan dan keretakan tanah liat, memfasilitasi dispersi lateral dan penyaringan tanah berpasir, dan memperkuat lapisan tanah di semua tanah lunak.

Pemeliharaan jalan raya dengan sistem pengekangan seluler menjaga jalan dalam kondisi yang tepat. Jalan dapat mengalami masalah pemeliharaan karena kondisi bawah tanah yang tidak sesuai (karena karakteristik lapisan tanah yang tidak sesuai), yang dapat menyebabkan kerusakan, keretakan, pencucian, dan penurunan permukaan yang tidak diaspal. 

Dengan menggunakan geosel, jalan permanen dan sementara dapat dibangun, dan kondisi stabilitas tanahnya dapat ditingkatkan. Geocell meningkatkan kapasitas penahan beban perkerasan granular dan permukaan berpori yang digunakan pada alat berat, sekaligus mengurangi biaya.

Sistem ini mengurangi jumlah air di permukaan dan mengisi kembali pasokan air tanah. Selain itu, lalu lintas atau tempat parkir dapat ditumbuhi tanaman atau gulma kecil, yang merupakan solusi untuk menghemat ruang.

Tidak diperlukan peralatan untuk memperluas bagian geocell, yang mempermudah pemasangannya karena cell dapat ditempatkan di substrat terlembut, dan tidak diperlukan peralatan bertekanan rendah untuk pengisian. Dump truck yang terisi penuh dapat dengan mudah membongkar muatan dan menyebarkan material granular di dalam dan di geocell.

Lalu bagaimana pengaplikasian geocell ini??

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.