Kabel Ties, Si Mungil Praktis dan Multifungsi

Kabel ties (cable ties) memiliki istilah lain seperti ty-rap dan zip ties. Thomas & Betts adalah orang yang menemukan kabel ini, pada tahun 1958 untuk mengatasi masalah perkabelan di pesawat terbang. Merk kabel ties pertama yang dikenalkan yaitu Ty-Rap, dan masih eksis hingga saat ini. Fungsi kabel ties ini untuk mengikat dan mengelompokkan sekumpulan kabel sejenis, agar terlihat rapi dan terorganisir.

Kabel ini terbuat dari bahan dasar plastik nylon-66 yang diproses menggunakan metode injection moulding. Ty-rap atau zip ties yang bagus dirancang untuk tahan terhadap berbagai zat kimia, tahan terhadap oli dan tidak mudah putus saat dieratkan. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan kabel-kabel ties murah dengan kualitas buruk di pasaran.

ilmuteknik.id - kabel ties hitam
kabel ties hitam

Saat ini kabel ties merupakan barang yang sangat multifungsi, dengan ukuran dan cara penggunaannya. Kamu akan dengan mudah menemukan Ty-rap atau zip ties dengan berbagai merk dan ukuran di toko-toko elektronik dan bangunan bahkan minimarket pun juga sudah ada.

Ukuran kabel ties sangat bervariasi, mulai dari ukuran 100mm x 2.5mm, 160mm x 2.5mm, 200mm x 2.5mm, 140mm x 3.6mm, 120mm x 4.8mm, 160mm x 4.8mm, 430mm x 4.8mm, 200mm x 7.6mm, 550mm x 9mm, 550mm x 12.7mm, 762mm x 12.7mm, dan 1030mm x 12.7mm. Tak hanya ukurannya saja yang bervariasi, saat ini Ty-rap atau zip ties juga memiliki banyak pilihan waran dengan label-label tertentu. Semakin besar dan bagus kualitasTy-rap atau zip ties maka harga yang diberikan akan semakin mahal.

Semakin hari Ty-rap atau zip ties terus saja berinovasi, mulai dari stainless stell ties, releasable ties, lashing ties, pe ties, air conditioner tube ties, push mount ties, dan sebagainya. dan beberapa pengunci lain yang menerapkan sistem kunci otomatis. Fungsinya juga semakin banyak, seperti mengikat tas koper, tag label, mengikat tanaman, membungkus makanan dan sebagai segel pengiriman barang.

Baca juga Apa itu paku beton dan apa saja jenis-jenis paku beton

Cara Kerja Kabel Ties

Didalam kepala Ty-rap atau zip ties terdapat lidah pengunci yang bergerigi. Nah, lidah ini nantinya akan mengunci secara otomatis ketika ujung Ty-rap atau zip ties dimasukkan ke kepala Ty-rap atau zip ties. Setelah ujung Ty-rap atau zip ties dimasukkan maka akan mengunci otomatis. Lalu bagaimana cara membuka kabel ties yang terkunci ?

ilmuteknik.id - Bagian-bagian Kabel Ties
Bagian-bagian Kabel Ties

Jawabannya mudah, kamu hanya memerukan obeng minus yang ukurannya sama dengan lubang kepala Ty-rap atau zip ties. Masukkan obeng minus ke kepala Ty-rap atau zip ties lalu ungkit lidah pengunci sambil kamu dorong ujung zip ties keluar lubang kepala. Ty-rap atau zip ties didesain sebagai material sekali pakai, jadi jika sudah di bongkar kemungkinan besar akan rusak.

Tak perlu khawatir jika panjang Ty-rap atau zip ties kurang, karena kamu dapat menyambungnya, asal ukurannya sama. Sebenarnya kamu dapat menggunakan Ty-rap atau zip ties dengan tangan kosong, namun untuk mempermudah pemasangannya kamu dapat membeli alat bantu. Alat bantu ini disebut cable ties gun, kamu dapat dengan mudah membelinya di toko-toko perkakas.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Ikuti INSTAGRAM kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Kabel Ties, Si Mungil Praktis dan Multifungsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *