Apa itu paku beton dan apa saja jenis-jenis paku beton

Paku beton adalah jenis paku yang digunakan untuk menembus diding yang keras, seperti betonan, kolom, balok, dll. Jenis paku ini memiliki keunggulan dari segi kekuatan jika dibandingkan dengan paku lainnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir paku kamu akan bengkok atau patah saat mencoba memaku dinding cor. Paku ini memiliki berbagai istilah, seperti paku cor dan paku ulin.

Ada 2 jenis paku beton, yaitu yang berwarna putih dan hitam. Tampilan paku ini jauh lebih kuat, kokoh, keras dan kuat. Keunggulan inilah yang membuat harga paku ini jauh lebih mahal. Untuk ukrannya panjangnya juga sangat bervariasi, mulai dari 2,5 cm – 12,5 cm.

ilmuteknik.id - Paku Beton Putih
Paku Beton Putih

Baca juga Tetrapod Si Pemecah Ombak Multifungsi

Jenis-Jenis Paku Beton

1. Paku Beton Putih

Paku ini tidaklah benar-benar berwarna putih namun lebih tepatnya berwarna keperak-perakan. Nah yang membuat paku ini lebih kuat yaitu bahannya yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi dan tahan terhadap korosi.

Penggunaan paku ini lebih banyak untuk konstruksi. Contohnya untuk memaku bekisting ke balok/kolom, sebagai alat bantu untuk menarik garis lurus, gantungan lukisan dan pengait kawat.

2. Paku Beton Hitam

ilmuteknik.id - Palu beton hitam
Paku Beton Hitam

Sebenarnya paku ini memiliki kekuatan yang hampir sama dengan paku putih. Perbedaannya hanya penggunaannya saja dimana, jenis paku ini banyak digunakan sebagai paku untuk pengait kabel.

Intinya dari segi kekuatan perbedaannya tidaklah terlalu besar, kalian dapat memilih sesuai kebutuhan dan budget saja. Harga paku beton putih tentu saja lebih mahal karena kekuatan dan kualitas yang diberikan.

Kamu dapat melihat harga perdusnya di beberapa toko online, seperti tokopedia, iprice, maupun bukalapak.

Tips Memilih Paku Beton yang Baik

Kamu tidak bisa sembarangan membeli paku. Pemilihan paku yang tepat dapat menunjang aktivitas konstruksi dengan baik. Bisa saja kita memakai paku yang paling kuat untuk memaku segala hal, namun ini akan berpengaruh terhadap biaya konstruksi. Berikut tips yang dapat ILMUTEKNIK berikan

Baca juga Cara Menggunakan SikaTop-107 Seal ID

  • Fungsi Paku
    • Tentu saja ini merupakan pertimbangan utama, untuk apakah paku itu nantiya akan digunakan.
      Jika hanya digunakan untuk menggantung benda-benda kecil dan tingkat kekerasan tembok yang rendah maka pilihlah paku beton hitam.
      Sementara jenis satunya digunakan untuk menggantung benda-benda yang agak berat dan kekerasan tembok yang tinggi.
  • Bahan Paku
    • Setelah kamu menentukan fungsi pakunya, maka kamu dapat memilih bahan pakunya. Kedua jenis paku ini dibuat dari bahan yang sama yaitu baja. Kamu harus paham bahwa kedua paku ini memiliki kekuatan dan kualitas yang berbeda, sehingga penggunaannya juga berbeda.
  • Ukuran Paku
    • Kamu tidak bisa asal pilih ukuran. Semakin berat beban yang ditumpu/ditahan dan semakin keras tembok/dinding yang ditembus maka semakin besar pula ukuran paku yang diperlukan.
  • Rencana Anggaran Biaya (RAB)
    • Nah jika anggaran yang ada tidak terlalu banyak atau pas-pasan, sebaiknya kamu pikirkan ulang jenis paku yang digunakan. Kamu tidak mau kan kalau anggaran kamu cuma habis untuk beli paku saja.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Ikuti INSTAGRAM kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Apa itu paku beton dan apa saja jenis-jenis paku beton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *