Tetrapod Si Pemecah Ombak Multifungsi

TETRAPOD – Kalian semua pasti sudah pernah bahkan sering berkunjung ke pantai, menikmati pemandangan dan suasana pantai yang menarik. Tapi pernahkah kalian melihat gugusan atau sekelompok batu yang disusun melintang ditengah pantai ? Batuan tersebut disebut tetrapod. Apakah kalian berfikir kalau itu hanya digunakan untuk mempercantik pantai saja?

ilmuteknik.id - Penggunaan tetrapod pada pinggir pantai
Tetrapod Disusun Secara Tidak Beraturan

Tetrapod adalah struktur beton yang mempunyai empat sisi dengan bentuk silinder. Fungsi utamanya adalah sebagai pelindung garis pantai terhadap ombak pantai. Jika di pelabuhan atau di pinggir pantai yang berombak, kalian pasti biasa menemukan struktur ini berjajar di sepanjang garis pantai.

Tetrapod termasuk dalam beton pracetak, yang mana biasanya memiliki kode atau nomor yang terpasang di badannya. Penomoran ini berguna untuk mempermudah kontrol dan pengamatan terhadap perubahan posisi akibat segala aktivitas yang berkaitan dengan perlindungan pantai.

Selain sebagai perlindungan garis pantai terhadap ombak, ada juga fungsi lain yaitu:

  • Pemecah Ombak

Pada kawasan yang memiliki ombak besar, Struktur beton ini berperan sebagai pemecah ombak agar gelombang air yang sampai bibir pantai tidak membahayakan dan kerusakan kawasan pantai.

  • Pencegah Abrasi

Untuk melindungi daratan dari abrasi. Pantai merupakan kawasan yang mudah mengalami abrasi. Abrasi adalah suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut laut.

Sehingga untuk menjaga agar daratan tetap terjaga dari abrasi maka diperlukan perlindungan alami maupun buatan. Tetrapod adalah salah satu bentuk perlindungan buatan yang bisa digunakan untuk mencegah abrasi pada daratan.

  • Perlindungan Area Laut

Tetrapod berfungsi sebagai perlindungan area laut dari berbagai kondisi. Kebutuhan komersial yang ada di lingkungan pantai membutuhkan kondisi laut yang rendah gelombang sehingga dapat menunjang berbagai aktivitas dan pekerjaan.

Seperti contohnya di pelabuhan, dimana kegiatan bongkar muat mengharuskan kondisi pantai dengan gelombang rendah. Hal tersebut dilakukan dengan cara memasang tetrapod pada perairan pantai, sehingga terhindar dari gelombang tinggi.

  • Mencegah Pendangkalan pada Area Muara Sungai

Muara sungai yang terhubung langsung dengan laut sangatlah mudah mengalami pendangkalan akibat gelombang laut yang meredam laju aliran sungai.

Tetrapod biasanya di produksi terlebih dahulu di pabrik lalu dikirim ke lokasi. Layaknya beton pracetak lainnya, tetrapod merupakan produk beton cor yang terdiri dari berbagai bahan seperti pasir, semen, air dan tambahan bahan lainnya.

ilmuteknik.id - cetakan tetrapod
Bentuk Cetakan Tetrapod

Cara pembuatannya adalah menggunakan cetakan dari baja yang memiliki empat sisi silinder. Campuran beton yang telah sesuai akan dimasukkan ke cetakan lalu divibrator agar kepadatannya sempurna dan tidak ada rongga udara didalamnya.

Tetrapod akan didistribusikan dari tempat percetakan menuju area yang akan dikerjakan, Pengiriman dapat menggunakan truk atapun kapal laut. Perlu digaris bawahi bahwa material ini sangat berat sehingga tidak disarankan menggunakan kapal laut untuk area pantai dengan kedalaman rendah. Karena kapal akan menyentuh dasar pantai.

Baca juga Pengertian dan Contoh Pengaplikasian Geotextile serta artikel-artikel seputar dunia teknik lainnya. Ikuti INSTAGRAM kami di ILMU TEKNIK 

2 thoughts on “Tetrapod Si Pemecah Ombak Multifungsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *