Dijamin Mempan, Ini Dia Tips Mencegah Karat pada Rangka Baja

ilmuteknik.id - Tips Mencegah Karat pada Rangka Baja

Tips Cegah Karat Pada Rangka Baja – Karat merupakan salah satu masalah yang selalu muncul pada rangka baja. Timbulnya karat pada rangka baja tentunya akan berpengaruh terhadap kekuatan dan umur baja tersebut.

Apa itu paku beton dan apa saja jenis-jenis paku beton

Meskipun telah memilik lapisan anti karat, baja yang dibiarkan di udara terbuka lambat laun akan tetap berkarat. Dalam kondisi-kondisi tertentu misalnya terkena air hujan langsung, dan letaknya yang berada di area pantai akan mempercepat timbulnya korosi.

Kali ini ILMUTEKNIK.ID akan memberikan Tips Mencegah Karat Pada Rangka Baja yang pastinya dijamin ampuh.

Agar baja tetap awet dan terhindar dari karat, berikut beberapa tipsnya:

1. Lapisi cat

Baja akan terkena udara jika lapisan antikaratnya tergores, oleh karena itu sebisa mungkin untuk mengurangi kesalahan pasang rangka baja. Untuk mencegah terjadinya karat, kamu bisa langsung mengecat permukaan baja yang terbuka. Pastikan bahwa kamu menggunakan jenis cat yang anti karat dan tahan rembesan air, umumnya menggunakan cat yang mengandung zinc chromate.

Baca juga Cara Membedakan Tipe Stainless Steel

2. Hindari cairan asam

Cairan asam yang mengenai permukaan baja akan membuat lapisan antikarat menjadi terkelupas dan tentu menghasilkan karat pada rangka baja bangunan. Kamu perlu memperhatikan tempat penyimpanan baja, untuk menghindari karat jangan satukan cairan asam dengan baja dalam satu ruangan.

3. Hindari panas atau hujan

Baja yang terkena terpaan cuaca panas dan hujan secara terus-menerus lambat laun membuat daya tahan lapisan antikarat yang ada dalam baja berkurang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya tempatkan baja di dalam ruangan tertutup dan hindari proses pembangunan saat musim hujan.

ILMU OTOMOTIF : Cara Mudah Agar Blok Mesin dan Komponen Sistem Pendingin Anti Karat

4. Hindari semen

Tips Mencegah Karat pada Rangka Baja selanjutnya yaitu jauhkan baja dari adonan semen jika semen menempel pada baja akan berpotensi merusak lapisan antikarat pada baja. Kamu juga harus menghindari penggunaan semen untuk atap yang langsung diaplikasikan langsung di bagian permukaan baja. Untuk menghindarinya, disarankan untuk membuat pembatas berupa lapisan kedap air.

Semoga artikel tentang Tips Mencegah Karat pada Rangka Baja ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

1 Trackback / Pingback

  1. KENALI APA ITU SISTEM UTILITAS BANGUNAN – ILMU TEKNIK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.