Kenapa Ubin direndam Air Sebelum Dipasang?

ILMUTEKNIK – Sering kali kita lihat tukang merendam ubin kedalam ember berisikan air sebelum dipasang. Kira – kira kenapa ya ubin direndam air sebelum dipasang?

Nah perlu kalian tau bahwa bagian belakang ubin keramik memiliki pori-pori yang berpotensi menyimpan udara di dalamnya, udara ini harus dikeluarkan atau diganti. Tujuan ubin direndam air sebelum dipasang adalah untuk membuat pori-pori ubin menyerap air, sehingga nantinya sewaktu dipasang tidak akan mengisap air dari adukan semen yang melekatkan ubin dengan permukaan lantai atau dinding. Perendaman pada ubin keramik berbahan tanah liat merah tak hanya dapat menguatkan ikatan, tapi juga meningkatkan kekuatan ubin itu sendiri.

Baca juga – Taukah Kamu Kenapa Dinding Bata Bisa Retak?

Jika air adukan semen perekat ini terhisap ubin maka semen akan mengeras terlalu cepat, sehingga ubin akan mudah terlepas dan retak.

Namun sebenarnya tidak semua ubin harus di rendam dengan air, karena ada ubin yang memiliki porositas (daya serap air) yang rendah sehingga tidak perlu di rendam air sebelum dipasang. Ubin dengan kualitas tinggi biasanya memiliki daya serap yang rendah, sehingga dapat diaplikasikan langsung tanpa harus direndam air terlebih dahulu.

Bantu dan support ilmuteknik untuk terus membagikan ilmu-ilmu bermanfaat dengan cara MENGKLIK 1 IKLAN yang menurut kamu menarik.

Jenis ubin keramik lantai yang bagus tidak perlu di rendam lagi, sementara jenis ubin keramik dinding harus tetap direndam karena ubin ini masih memiliki daya porositas (daya serap air) yang cukup tinggi. Tapi dengan menggunakan perekat keramik yang tepat, maka perendaman bisa saja tidak perlu dilakukan.

Baca juga – Penyebab Keramik Lantai Meledak dan Pencegahannya

Durasi perendaman ubin yang dianjurkan yaitu sekitar 10-15 menit saja, kemudian angkat dan angin-anginkan. Hal ini betujuan agar bagian dalam keramik basah, namun kering diluarnya. Sehingga tidak licin saat dipasang.

Semoga artikel ini menjawab pertanyaanmu tentang Kenapa Ubin direndam Air Sebelum Dipasang dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.