Lompat ke konten

Penyebab Keramik Lantai Meledak dan Pencegahannya

ilmuteknik.id - Penyebab Keramik Lantai Meledak

ilmuteknik.id – Pernahkah kamu melihat keramik lantai yang tiba-tiba meledak sendiri? Nah keramik meledak atau pecah secara tiba-tiba ini disebut dengan “popping”. Kali ini ILMUTEKNIK akan menjeaskan mengenai Penyebab Keramik Lantai Meledak beserta Cara Mencegahnya.

Baca juga Tips Memilih Jenis Keramik Lantai yang Tepat

Penyebab Keramik Lantai Meledak

Adanya Pemuaian Keramik Karena Panas

Jika ada satu atau beberapa keramik memuai, maka pemuaian ini akan mendesak keramik di sekitarnya. Ketika keramik telah menemukan bagian paling lemah (biasanya di tengah ruangan), nat keramik tidak dapat menahan pemuaian ini. Keramik akan saling dorong dan memberikan tekanan sehingga menyebabkan keramik pecah.

Pernah Terendam Banjir

Rumah kamu langganan banjir? Kamu perlu waspada karena keramik dirumahmu berpotensi akan pecah. Saat banjir air akan masuk ke sela-sela keramik, sehingga semen perekat perlahan-lahan terkikis. Akibatnya ketika temperatur naik maka keramik akan mudah terangkat.

Pemasangan Keramik yang Tidak Benar

Keramik meledak atau “popping” bisa juga terjadi karena kurangnya daya rekat antara keramik dengan permukaan lantai. Kurangnya daya rekat ini karena saat pemasangan keramik tidak direndam air terlebih dahulu, dan pemasangannya tidak menggunakan perekat yang tepat.

Baca juga Prosedur Pemasangan Ubin Keramik yang Tepat

Cara Mencegah Keramik Lantai Meledak

  1. Gunakan Perekat Khusus Keramik
    Saat ini dipasaran sudah banyak tersedia mortar khusus pemasangan keramik. Mortar ini memiliki daya rekat yang lebih tinggi, sehingga tidak mudah lepas.
  2. Rendam Keramik dalam Air Sebelum Dipasang
    Proses perendaman keramik dalam air ini bertujuan agar air diadukan semen tidak banyak terhisap ke keramik, yang mana dapat menyebabkan adukan semen rapuh.
  3. Gunakan Nat Elastis
    Fungsi nat elastis pada sambunag antar keramik yaitu meredam pemuaian keramik, sehingga tidak sampai saling mendesak keramik disekitarnya.
  4. Gunakan Expansion Joint untuk Pertemuan Dinding dan Lantai
    Expansion joint ini berfungsi sebagai peredam pemuaian keramik yang berdekatan dengan dinding atau bidang vertikal lainnya.

Bantu dan support ilmuteknik untuk terus membagikan ilmu-ilmu bermanfaat dengan cara MENGKLIK 1 IKLAN yang menurut kamu menarik.

Semoga artikel tentang Penyebab Keramik Lantai Meledak dan Cara Mencegah Keramik Lantai Meledak ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications