Tips Memilih Jenis Keramik Lantai yang Tepat

ILMUTEKNIK.ID – Keramik telah banyak merubah penampilan rumah kita. Motif, warna, ukuran dan bentuk yang ditawarkan semakin beragam dengan harga yang relatif terjangkau.Berbagai kemudahan yang ditawarkan inilah yang mempermudah pemilik rumah dalam berkreasi dengan rumahnya, asal sesuai dalam memilih jenis keramik lantai yang tepat.

Keunggulan Keramik

  1. Memiliki bentuk yang pipih, sehingga memudahkan dalam proses pasang-bongkar. Ada keramik dengan bentuk persegi dan persegi panjang. Kita juga dapat membuat bentuk lingkaran, diagonal, segitiga, trapesium bahkan bentuk bentuk lainnya dengan cara memotong keramik tersebut menggunakan gerinda.
    Untuk ukuran keramik yang beredar di pasaran yaitu 20cmx20cm, 25cmx25cm, 30cmx30cm, 40cmx40cm, dan 50cmx50cm. Seluruh ukuran tersebut dapat dikombinasikan agar lantai rumah tampak indah dan memukau.
  2. Keramik memiliki tekstur yang beragam,mulai dari yang licin dan halus hingga kasar. Tekstur kasar pada keramik berasal dari garis-garis yang memanjang mirip serat. Bahkan ada keramik yang didesain menyerupai anyaman bambu. Jenis keramik kasar ini cocok digunakan untuk area basah, seperti kamar mandi, teras, dan pinggiran kolam. Tekstur ini juga dapat digunakan untuk memperindah dinding rumah.
  3. Motif keramik yang beraneka ragam, mulai dari serat kayu, butiran pasir dan lain-lain. Namum seiring dengan perkembangan teknologi maka keramik dapat disesain apa saja, bahkan wajah pemilik rumah pun dapat diaplikasikan ke keramik.
  4. Ketersediaan warna yang semaikin beragam, pada awalnya warna keramik yang ada yaitu putih, abu-abu dan coklat. Namun kini hampir sudah ada semua pilihan warna, mulai dari oranye senja, jingga jeruk dan hijau daun. Banyaknya pilihan warna keramik ini membuatnya dapat digunakan sebagai pengganti peran cat.

Tips Sebelum Membeli Keramik

Sebelum membeli keramik anda harus punya pengetahuan dasar agar tidak salah dalam memilih jenis keramik yang cocok. Berikut akan ilmu teknik berikan tips dalam membeli keramik yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Pilihlah keramik yang sesuai dengan tema interior rumah anda. Tema ini akan memudahkan anda dalam memilih tipe keramik, seperti bentuk, warna, tekstur dan motif. Contohnya saja jika tema interior rumah anda etnik, maka anda dapat memilih motif keramik batu alam atau serat alam.
  2. Dalam memesan jumlah keramik selalu lebihkan 10%-15% dari jumlah kebutuhan. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kerusakan saat pemasangan. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat pola pemasangan yang unik.
  3. Pertimbangkan 3 hal berikut sebelum memesan keramik: luas permukaan lantai, metode pemasangan, dan rencana atau pola pemasangan.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Baca Juga >> Cara Memasang Keramik Dinding dengan Mudah

Menghitung kebutuhan keramik mudah saja. Caranya yaitu kamu kalikan saja luas ruangan dengan isi satu boks. Satu boks keramik umumnya dapat menutup luas ruangan 1 meter persegi, sedangkan jumlah keramik tergantung dari ukurannya.

Contoh: Sebuah ruang keluarga 4mx4m = 16 m^2. Maka jumlah keramik 16m^2 x 1 boks = 16 boks. Seperti yang dijelaskan diatas yaitu selalu lebihkan 10%-15% dari jumlah kebutuhan. Jumlah tadi dikalikan 10%, yakni 16 x 10% = 1,6 dibulatkan menjadi 2. Maka jumlah keramik yang dibutuhkan ditambah 2 boks, sehingga total menjadi 18 boks.

Pemilihan Kelas Keramik dan Peruntukannya

KelasKriteriaPeruntukan
Kelas IJenis keramik untuk lantai yang dilalui orang dengan alas kaki lunak atau tanpa alas kakiKamar mandi, kamar tidur yang jalan masuknya tidak langsung dari luar
Kelas IIJenis keramik untuk lantai yang dilalui orang dengan alas kaki lunak atau normalRuang keluarga, ruang tamu, dan ruangan lainnya yang sering dilalui banyak orang.
Kelas IIIJenis keramik untuk lantai yang sering dilalui orang dengan alas kaki normalKoridor, balkon, teras, dan dapur rumah
Kelas IVJenis keramik untuk lantai dengan lalu lintas normal: ada sedikit gesekan yang kerasDapur komersial, hotel, ruang pameran dan jalan masuk
Kelas VJenis keramik untuk lantai dengan lalu lintas pejalan kaki yang pada pada periode tertentu, dengan gesekan yang kerasPusat perbelanjaan, bandara, area pejalan kaki dan area industri

Pemilihan kelas keramik haruslah sesuai dengan tujuannya, hal ini dimaksudkan agar keamanan serta kenyamanan pengguna dapat terpenuhi. Baca juga artikel-artikel menarik dari kami, dan tambah ilmu teknik anda setiap harinya.

Baca juga >> Makalah tentang alat berat

2 thoughts on “Tips Memilih Jenis Keramik Lantai yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications