Cara Membersihkan Air Kolam Renang yang Hijau

ilmuteknik.id - Cara Membersihkan Air Kolam Renang yang Hijau

Cara Membersihkan Air Kolam Renang Hijau

Membersihkan Air Kolam Renang Hijau – Kehadiran ganggang atau lumut adalah penyebab umum kenapa air kolam dapat berubah menjadi hijau. Munculnya ganggang atau lumut dapat terjadi ketika tingkat klorin di kolam turun terlalu rendah. Peluang ganggang atau lumut untuk berkembang di kolam semakin meningkat karena paparan panas yang berlebihan, hujan lebat, atau sirkulasi yang buruk.

Ganggang kolam yang membandel bisa sulit dikendalikan jika tidak ada tindakan yang tepat untuk mengatasi dan mencegah masalah tersebut. Tentunya kamu tidak dapat membuang air hijau di kolam dalam waktu kurang dari 24 jam, jadi kali ini ilmuteknik.id akan menunjukkan cara melakukannya dalam waktu empat atau lima hari.

Baca juga

Menyewa tukang kolam atau spesialis kolam renang yang datang seminggu sekali atau dua kali seminggu untuk melakukan perawatan dan pembersihan rutin adalah cara terbaik untuk menjaga air tetap jernih. Dengan begitu, kolam tidak akan menjadi hijau.

Artikel ini akan berguna jika kamu sedang mencari solusi cepat untuk membersihkan kolam hijau. 

Tips Membersihkan Kolam Renang

Beberapa tips yang bisa kamu ikuti adalah:

1. Singkirkan Sampah dan Dedaunan

Lihat apakah ada sampah besar di dasar kolam, jika ada segera bersihkan dengan jaring. Mengingat daun, cabang, serangga, atau bahan organik lainnya yang jatuh akan dengan cepat membusuk dan menyebarkan kuman ke seluruh kolam.

Sistem penyaringan akan lebih mudah jika kotoran organik dihilangkan terlebih dahulu, dan bahan kimia kolam akan bekerja lebih cepat jika kotoran tidak menghambatnya. Hal ini memiliki manfaat tambahan untuk mencegah perkembangbiakan spora alga yang mungkin sudah ada di dalam air.

Berhati-hatilah untuk tidak mengaduk air terlalu banyak karena dapat membuat bakteri berkerumun. Sehingga kamu malah memperburuk keadaan dengan mengeruhkan air. Keluarkan sampah dengan hati-hati.

Jika kamu tidak dapat melihat dasar kolam, jangan menyedotnya. Ada kemungkinan sampah didasar kolam dapat menyumbat filter atau skimmer atau mungkin menyebabkan kerusakan pada pipa di bawah tanah.

2.  Uji pH

Cari tahu tingkat pH dan alkalinitas dengan menggunakan strip tes atau test kit cair untuk menentukan tingkat pH dan alkalinitas. Kisaran pH optimal adalah 7,4-7,6. Tingkat alkalinitas harus dipertahankan antara 100 dan 150 ppm. 

Lakukan penyesuaian yang diperlukan pada alkalinitas air kamu dan uji ulang untuk memastikannya berada dalam kisaran yang sesuai. Jika alkalinitas diperbaiki, diharapkan pH juga akan membaik.

3.  Memberikan Klorin

Klorin dapat dibeli dalam bentuk bubuk atau cairan. Tahap awal yaitu, nyalakan pompa kolam untuk mengalirkan air, lalu semprotkan larutan klorin ke seluruh kolam. Kamu mungkin perlu memberikan klorin dalam beberapa kali jika kondisi kolam parah. Setelah sampah organik dibersihkan, ini membantu menghilangkan kuman dan alga yang tersisa.

Air dapat menjadi keruh dengan cepat dan akan jernih dalam sehari. Memberikan klorin kolam di malam hari disarankan untuk menghindari gangguan UV, dan kisaran pH optimal adalah 7,2–7,4.

Baca juga

4.  Bersihkan menggunakan Filter

Sekarang setelah kamu memberikan klorin, seharusnya ganggang atau lumut kolam sudah mati karena algasida, saatnya untuk menyaring dan menyedot endapan tersebut.

Pastikan kamu menyedot endapan pada dasar kolam, karena jika tidak endapan akan masuk ke pompa dan merusak pompa sirkulasi kamu.

Untuk memastikan semua air tersirkulasi dengan baik kamu harus membiarkan pompa dan filter terus bekerja selama 24 jam.

Ini akan mempercepat proses pembersihan kolam kamu. Banyak ahli merekomendasikan untuk melakukan filter kolam setidaknya selama 24 jam berturut-turut dan kemudian melakukan backwash untuk membersihkan kotoran yang ada di bak filter.

5. Menjaga Kolam

Jika kamu harus membersihkan kolam hijau sebelumnya, maka saat ini kamu pasti ingin mencegahnya terjadi lagi. Sangat sulit untuk membersihkannya bukan? dan itu akan membuat kamu mengeluarkan lebih banyak uang.

Selain itu, seluruh prosedur diatas dapat memakan waktu hingga satu minggu, selama waktu itu tentunya kamu tidak bisa berenang. Setelah air kolam yang jernih, perawatan menjadi prioritas utama.

Langkah terpenting dalam hal ini adalah menyediakan persediaan disinfektan yang memadai. Disarankan untuk memeriksa kualitas air setidaknya seminggu sekali. Segera setelah kamu mendeteksi penurunan tingkat sanitasi, segera lakukan penambahan sanitasi.

6. Pertahankan Tingkat Klorin

Mempertahankan konsentrasi klorin bebas minimal 1,0 ppm di dalam air akan mencegah munculnya alga atau lumut lainnya. Hal ini tentunya membutuhkan setidaknya dua kali seminggu tes dan penyesuaian kimia air.

Kolam harus sering diklorinasi, jadi jika kamu akan meninggalkan rumah selama lebih dari beberapa hari, kamu perlu mengatur siasat. Kamu bisa membeli chlorinator yang dipasang di pipa beberapa kolam. Algaecide juga dapat ditambahkan ke sistem air sebagai perawatan rutin.

Baca juga

Kesimpulan

Tidak mudah Membersihkan Air Kolam Renang yang Hijau. Pembersihan kolam biasanya memakan waktu beberapa hari, tetapi kamu dapat mengatasinya dalam sehari jika segera melakukan upaya pencegahan sebelum pertumbuhan ganggang/lumut menjadi parah.

Disarankan agar air kolam diuji dan diseimbangkan seminggu sekali untuk hasil yang optimal. Selalu ingat untuk melakukan backwash filter Adan skiming kolam secara teratur agar tetap bersih.

Kamu perlu membiarkan pompa dan filter bekerja tanpa henti sepanjang hari agar air kolam dapat melewati sistem pembersihan.

Semoga artikel ini tentang Cara Membersihkan Air Kolam Renang yang Hijau ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

tags:

  • cara menjernihkan air kolam renang yang mengandung zat besi
  • penjernih kolam renang tanpa kaporit
  • cara mengobati air kolam renang
  • air kolam renang berwarna hijau
  • cara pengendapan air kolam renang
  • kenapa air kolam renang berwarna biru
  • air kolam renang hijau aman
  • cara mengatasi air kolam renang berwarna coklat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.