Cara Mudah Menyedot Air dengan Selang

Pasti kebanyakan dari kamu pasti sudah tahu kalau cara yang sering digunakan untuk memindahkan atau menyedot air adalah dengan menggunakan bantuan pompa air. Menyedot air dengan pompa memang sangat efektif jika air yang akan disedot sangat banyak. Tetapi jika hanya sedikit air yang akan disedot misalnya saja air di akuarium ikan, lebih baik menggunakan cara manual saja atau tanpa pompa.

Alat dan bahannya sangatlah mudah yaitu kamu hanya butuh sebuah selang saja. Yup… Pasti kamu langsung memikirkan cara menyedot selang menggunakan mulut untuk memancing agar air dapat mengalir.

Baca juga >> Terungkap !!! Inilah 25 Cara Menghemat Baterai HP yang Ampuh

Cara menyedot air dengan selang - ilmuteknik.id
Cara Menyedot Selang dengan Mulut (https://jogjapolitan.harianjogja.com/)

Namun cara menyedot air menggunakan mulut beresiko membuat kamu tersedak, hal ini tidak masalah asal air yang akan disedot bersih dan selang yang digunakan tidak terlalu panjang. Namun apa jadinya jika air yang akan disedot merupakan air kotor atau berbahaya, pasti kamu akan berpikir 4-5 kali untuk hal tersebut.

Jika selang yang digunakan panjang, maka kamu akan kehabisan nafas sebelum air dapat mengalir atau mencapai ujungke ujung. Padahal jika kamu tahu ilmunya tidak akan sesulit itu, bahkan bisa dibilang tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Simak penjelasan berikut ini agar kamu tidak perlu repot-repot menyedot air dengan mulut lagi:

  1. Siapkan selang yang akan digunakan untuk menyedot air
  2. Masukkan selang ke bak/kolam/penampungan air lainnya, pastikan seluruh bagian selang talah terisi air
  3. Lalu dalam keadaan masih didalam air tutup salah satu bagian selang menggunakan tangan. Pastikan tidak ada udara yang masuk karena jika ada udara yang masuk maka air akan turun dan cara ini bisa gagal.
  4. Angkat ujung selang yang telah ditutup dengan tangan secara perlahan-lahan, kemudian letakkan ujung kolam hingga berada dibawah permukaan air kolam/bak penampungan.
  5. Lepaskan tangan kamu dari ujung selang dan biarkan air mengalir dengan sendirinya tanpa perlu kamu sedot lagi menggunakan mulut.

Tapi kalau kamu hendak menyedot air drum/bak penampungan yang memiliki lubang kecil atau hanya cukup untuk dimasukkan selang saja maka cukup kamu kocok-kocok selangnya.

Baca juga >> Ternyata Begini Cara Kerja TV Satelit

Berikut cara mengocok selang yang dapat saya berikan:

  1. Masukkan ujung selang kedalam lubang drum hingga berada dibawah muka air.
  2. Buka ujung selang saat kamu dorong kedalam (turun) drum, perkiraan waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 1-2 detik saja.
  3. Tarik selang ke atas, namun saat kamu menarik selang tersebut harus tutup juga ujung selang menggunakan tangan. Agar selang dalam kondisi vakum dan air tidak jatuh kebawah lagi.
  4. Lakukan langkah tersebut secara berulang-ulang hingga selang penuh.

Selamat mencoba dan semoga memudahkan pekerjaanmu. Baca artikel kami lainnya Cara Merawat dan Membersihkan Kulkas yang Paling Mudah namun Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications