Mengenal Aluminium Powder atau Bubuk Aluminium

Hello apa kabar semuanya? di artikel kali ini ILMUTEKNIK akan membahas tentang aluminium powder atau bubuk aluminium. Pembahasannya mulai dari pengertian, manfaat, dan juga cara membuat. Oke langsung saja ke penjelasannya.

Pengertian

Pengertian aluminium powder atau bubuk aluminium adalah logam aluminium yang berbentuk partikel halus, biasanya berukuran antara 200 sampai 350 mesh.

Bubuk aluminium adalah bahan bakar yang paling sering digunakan dalam pembuatan kembang api dan petasan. Selain itu juga banyak dimanfaatkan sebagai pigmen cat yang berfungsi sebagai pelapis dan pewarna. Dalam sebagian kecil aluminium powder juga dimanfaatkan dalam bidang kosmetik sebagai campuran efek mengkilap. Di bidang konstruksi bahan ini digunakan sebagai bahan las logam yang disebut dengan termit. Reaksi termit dapat dibuat dengan campuran aluminium dan besi oksida.

Kali ini ILMUTEKNIK hanya akan membahas pemanfaatan aluminium powder di dunia piroteknik (pengetahuan (teknik) pembuatan kembang api dan petasan).

Bubuk aluminium dengan kualitas paling baik sering digunakan sebagai flash powder atau kita sering menyebutnya obat mercon. Ukuran partikelnya diatas 200 mesh, sehingga jika ditiup akan berterbangan seperti debu.

Pada ukuran partikel tertentu bubuk aluminium digunakan sebagai campuran kembang api dan petasan komersial sebagai efek kilauan cahaya.

ilmuteknik.id - Campuran Aluminium Powder pada kembang api

Ada beberapa bahaya yang perlu diwaspadai ketika berurusan dengan aluminium powder. Masker debu serta kacamata pelindung wajib digunakan setiap menangani bubuk aluminium. Bubuk aluminium sangat mudah terbakar, sehingga wadah dan tempat penyimpanannya perlu diperhatikan.

Baca juga Bahan Baku Semen dan Fungsi Senyawa Kimia yang Terkandung

Secara singkat cara membuat bubuk aluminum adalah dengan menggiling aluminium foil lalu dihaluskan dengan mesin khusus. Untuk mencapai ukuran partikel 200 mesh keatas, mesin penghalus khusus ini perlu beroperasi selama 24 sampai 30 jam nonstop. Hasil akhir proses ini kurang lebih 50 gram, semakin banyak hasil yang diinginkan maka semakin lama pula waktu itu perlukan.

Bubuk aluminium berbentuk sangat halus, dan sekilas terlihat seperti semen. Saking halusnya jika menempel di tangan akan sulit dihilangkan.

Sifat Aluminium Powder

Material ini sangat mudah terbakar. Semakin kecil ukuran partikelnya maka akan semakin sensitif terhadap api. Oleh karena itu ILMUTEKNIK tegaskan bahwa tempat penyimpanan harus jauh dari sumber api.

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *