Lompat ke konten

Metode Kerja Pemasangan Dinding Keramik

  • SIPIL
ilmuteknik.id - Metode Kerja Pemasangan Dinding Keramik

Pemasangan Dinding Keramik – Material keramik ini banyak digunakan untuk dinding kamar mandi dan dapur, namun saat ini sudah digunakan untuk dinding kamar tidur, ruang keluarga, teras hingga ruang kerja. Tentunya cara pemasangan dinding keramik membutuhkan keahlian khusus. Saat ini sudah ada semen instan dan beragam pilihan warna dan motif menarik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun dalam sebuah pekerjaan Pemasangan Dinding Keramik ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan dan dilaksanakan sesuai prosedur atau urutannya. Kali ini ILMUTEKNIK akan membahas mengenai Metode Kerja Pemasangan Dinding Keramik.

Baca juga Cara Memasang Keramik Dinding dengan Mudah

A. REFERENSI

  1. Gambar kerja atau shop drawing finishing dinding yang sudah disetujui oleh MK / konsultan.
  2. Spesifikasi material keramik yang dipakai
  3. Sample material dan mock up pemasangan dinding keramik

B. ALAT DAN BAHAN

  1. Sipatan
  2. Meteran
  3. Palu Karet
  4. Sendok semen
  5. Benang
  6. Jidar
  7. Roskam gigi
  8. Gerinda Potong keramik
  9. Tile spacer

C. LANGKAH KERJA

  1. Periksa ukuran ruangan terhadap gambar kerja arsitektur atau finishing
  2. Periksa instalasi MEP terhadap gambar kerja arsitektur dan MEP. Pastikan posisi outlet MEP sudah sesuai gambar kerja.
  3. Siapkan material keramik yang akan dipasang dengan disortir keseragaman warna dan bentuk.
  4. Buatlah marking di dinding untuk pemasangan plesteran dinding, baik vertikal maupun horizontal. Cek marking dengan menggunakan waterpass (kurangi dengan ketebalan keramik dan tile adhesive)
  5. Buat kepalaan keramik pada dinding bata/beton yang telah diplester secara horizontal dan vertikal. Pastikan tile spaacer digunakan untuk memastikan lebar nat seragam dan sesuai spesifikasi.
  6. Periksa kepalaan keramik vertikal / horizontal, apakah bertemu nat, baik terhadap dinding sampingnya maupun terhadap lantai (bila harus ketemu nat).
  7. Keramik dinding agar dipasang menerus kebawah sampai di bawah permukaan finishing lantai. Apabila bidang keramik tidak sampai setinggi plafond, maka bidang pertemuan dengan plester aci / cat diberi tali air atau skoneng (sesuai permintaan / gambar). Tile spacer harus digunakan pada nat dan sudutan pertemuan antar keramik.
  8. Cek kembali posisi outlet MEP apakah sudah sesuai dengan gambar shop drawing/
  9. Siapkan adukan tile adhesive sesuai dengan prosedur masing-masing produk tile adhesive yang digunakan. PERHATIKAN PERSYARATAN LAMANYA WAKTU PENGGUNAAN ADUKAN TERSEBUT.
  10. Tile adhesive digelar, kemudian direkatkan menggunakan roskam bergerigi. Kemudian sisi bawah keramik diisi dengan tile adhesive terlebih dahulu sebelum dipasang. Hal ini untuk menjaga bagian bawah keramik yang kemungkinan melengkung sehingga terisi dan tidak terjadi kekosongan (kopong).
  11. Lanjutan dari proses pemasangan dinding keramik hingga selesai, sambil dirapikan dengan menggunakan palu karet.
  12. Untuk keramik disisi opening atau bukaan baik pintu maupun jendela, jangan dipasang dahulu sebelum kusen pintu / jendela terpasang.
  13. Periksa pemasangan keramik dengan jidar untuk memperkecil terjadinya gelombang dalam pemasangan keramik.
  14. Setelah pemasangan keramik berumur 4 hari, lalu isi nat keramik dengan bahan pengisi nat yang telah disetujui owner.
  15. Setelah selesai, keramik dibersihkan dengan menggunakan kain lap (lap busa atau sejenisnya) yang lembab (bukan basah) hingga bersih.

Baca juga Prosedur Pemasangan Ubin Keramik yang Tepat

D. PENGAMANAN MATERIAL TERPASANG

  1. Proteksi dengan bahan tripleks atau sejenisnya terutama pada lokasi yang sering dilalui material lainnya, termasuk untuk openingan / kusen yang belum dipasang kaca atau pintu.

E. PEMERIKSAAN/PENGETESAN

  1. Persiapan
  2. Pemasangan
  3. Pembersihan

F. REKAMAN / DOKUMENTASI

  1. Pemeriksaan pekerjaan sesuai Metode Kerja Pemasangan Dinding Keramik

G. LAMPIRAN

  1. Form pemeriksaan pekerjaan

Bantu dan support ilmuteknik untuk terus membagikan ilmu-ilmu bermanfaat dengan cara MENGKLIK 1 IKLAN yang menurut kamu menarik.

Semoga artikel tentang Metode Kerja Pemasangan Dinding Keramik ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications