Pembuatan Mesin Press Botol Plastik Bekas

Dalam desain rancangan mesin press botol plastik bekas ini menggunakan sistem power screw sebagai penerus daya dan merubah gerakan putar menjadi gerakan linear, serta motor listrik sebagai penggeraknya. Sementara desain rangka menggunakan besi hollow 40 x 40 x 2 mm dan besi UNP 80 x 45 x 5 mm.

Alat Press Botol Plastik Bekas

Prinsip Kerja

            Prinsip kerja dari mesin press botol plastik bekas ini adalah dengan memanfaatkan putaran dari motor listrik untuk menggerakkan plat penekan naik dan turun. Jadi putaran motor listrik akan diteruskan ke roda gigi besar yang dibagian dalamnya sudah dibuatkan ulir dalam, saat poros motor listrik berputar searah jarum jam maka batang ulir penggerak (power screw) akan menggerakkan plat penekan ke bawah. Sebaliknya yaitu jika putaran poros motor listrik berlawanan arah jarum jam, maka batang ulir penggerak (power screw) akan menggerakkan plat penekan ke atas.

Pembuatan Komponen

Pembuatan seluruh komponen mesin press botol plastik bekas menggunakan power screw dengan motor listrik ini diawali dengan pengaturan jadwal, agar nantinya alat ini dapat selesai tepat pada waktunya. Langkah selajutnya adalah mengerjakan komponen-komponen alat press botol plastik bekas. Adapun komponen-komponen yang akan dibuat adalah sebagai berikut:

Bahan – bahan yang digunakan

Dalam perencanaan mesin press botol plastik bekas ini, setiap komponen memiliki bahan-bahan yang berbeda satu sama lain, oleh karena itu perlu dijelaskan bahan yang digunakan pada tiap-tiap komponen.

  • Power Screw

Bahan yang digunakan untuk pembuatan power screw atau ulir daya ini adalah baja St-37 dengan Ø32 mm dan panjang 1000 mm.

  • Bantalan

Bantalan yang digunakan adalah pillow block bearing Ø20 mm.

  • Helical Bevel Gear

Ada 2 buah helical bevel gear atau roda gigi payung miring yang digunakan. Roda gigi 1 (pinion gear) memiliki jumlah gigi 11 dan roda gigi 2 memiliki jumlah gigi sebanyak 39.

  • Motor Listrik

Motor listrik yang digunakan yaitu motor listrik yang berasal dari katrol elektrik, dengan daya 480 watt dan putaran 60 rpm.

  • Rangka

Bahan yang digunakan untuk pembuatan rangka yaitu besi UNP dengan ukuran 80 mm x 45 mm x 5 mm sebanyak 2 buah dan besi hollow 40 mm x 40 mm x 2 mm sebanyak 3 buah.

  • Poros

     Bahan poros yaitu baja st-60 dengan Ø20 mm dan panjang 60 mm.

Lihat Juga >> ILMU DESAIN : DESAIN MESIN PENGERING BIJI KOPI DENGAN AUTODESK INVENTOR 2016

Proses pengerjaan komponen

          Sebelum masuk penjelasan bagaimana proses pembuatan komponen alat press botol plastik bekas ini, terlebih dahulu akan dijabarkan komponen mana yang akan dibuat atau dibeli.

Tabel Keterangan komponen alat yang dibeli dan dibuat

NoNama KomponenJumlahKeterangan
1Motor listrik1 unitDibeli
2Helical bevel gear2 buahDibeli
3Bantalan1 buahDibeli
4Power screw1 buahDibeli
5Rangka mesin1 unitDibuat
6Plat penekan1 buahDibuat
7Engsel2 buahDibeli
8Pengunci2 buahDibuat
komponen alat yang dibeli dan dibuat

          Pada proses pembuatan ini akan dijelaskan mengenai pembuatan komponen yang tidak ada dipasaran sehingga harus dibuat agar mesin dapat bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications