Pengertian Boiler Sootblower Beserta Fungsinya

Boiler sootblower merupakan salah satu peralatan penting dalam memaksimalkan efisiensi steam boiler. Efisiensi boiler sangat dipengaruhi oleh proses perpindahan panas. Salah satu proses yang paling diperlukan untuk meningkatkan proses perpindahan panas yaitu dengan membersihkan permukaan logam agar dapat menyerap panas.

Pembersihan permukaan logam ini dilakukan untuk memastikan proses perpindahan panas yang tepat dan menghindari bagian-bagian ketel uap menjadi tersumbat. Bagian yang terpasang ini dapat membatasi sirkulasi gas dan menyebabkan pembatasan beban.

Baca juga Pertimbangkan Saat Memilih Boiler untuk Bangunan Apartemen

Sootblower boiler sangat dibutuhkan pada boiler berbahan bakar batubara dan boiler berbahan bakar minyak. Jika bahan bakar minyak mengandung kadar abu yang rendah dan menghasilkan residu yang kecil. Metode pembersihan dinding tungku dapat dilakukan dengan pencucian air selama maintenance tahunan. Inilah sebabnya sootblower boiler yang dipasang di dinding tungku tidak diperlukan pada boiler berbahan bakar minyak.

Pada bagian reheater dan superheater boiler berbahan bakar minyak, terdapat akumulasi abu pada permukaan logam. Subyek vanadium minyak berlebih yang mengandung bahan kimia menahan korosi suhu tinggi dan cenderung rentan terhadap beberapa hal. Sementara bahan kimia bubuk padat digunakan, dapat meningkat endapan abu secara drasatis di lokasi gas bersuhu tinggi. Kelebihannya yaitu endapan abu yang jatuh akan mudah dibersihkan dengan boiler sootblower .

Boiler berbahan bakar batubara membutuhkan banyak sootblower yang dipasang secara permanen. Alasannya karena kandungan abu yang tinggi dan suhu fusi abu sehingga dibutuhkan boiler sootblower. Sootblower ini biasanya menggunakan udara bertekanan atau uap super panas sebagai media untuk menghilangkan endapan. Keteraturan tiupan sangat bervariasi sesuai dengan akumulasi terak, namun biasa berkisar antara empat sampai delapan jam. Bagian ketel uap seperti reheater dan superheater cocok menggunakan jenis sootblower panjang yang dapat ditarik untuk membersihkan permukaan panas radiasi.

Baca juga Pengertian dan Cara Kerja Steam Drum Boiler

Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Pengertian Boiler Sootblower Beserta Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *