Persiapan Ujian Masuk Jurusan Teknik Informatika

Kenapa harus jurusan teknik informatika?

Masuk ke perguruan tinggi favorit pasti menjadi cita- cita setiap orang yang akan lulus dari sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah kejuruan. Jurusan teknik informatika atau ilmu komputer saat ini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan, karena lapangan pekerjaan yang sangat banyak dan juga, banyak orang – orang sukses berasal dari dunia teknologi. Maka dari itu Langkah awal yang harus kamu lewati adalah belajar lebih banyak mengenai teknik Informatika, dimana kamu dapat mempelajari hal tersebut baik dari internet maupun Universitas maupun Perguruan Tinggi lainnya yang memeiliki jurusan yang satu ini.

Sebelumnya kamu harus melakukan pertimbangan sebelum memilih jurusan teknik informatika, Namun jika kamu ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri kamu harus melewati tahap seleksi yang sangat ketat, tentunya banyak orang yang mengikuti seleksi tersebut, tetapi kamu tidak perlu minder karena semua orang punya peluang yang sama untuk masuk Perguruan tinggi favorit, nah peluang yang kamu miliki dapat kamu tingkatkan kok dengan cara mempersiapkan diri untuk melewati seleksi ujian masuk tersebut.

Pasti kamu mau dong lolos pada tahap seleksi masuk Jurusan Teknik Informatika di Universitas Pilihan kamu?. Sekarang bakal saya bahas apa aja sih yang harus dipersiapkan supaya bisa lolos seleksi masuk untuk jurusan yang lagi trend sekarang ini, kamu pasti mau dong bekerja di perusahaan teknologi yang keren dan canggih di kemudian hari, nah apalagi dunia teknologi sangat berkembang cepat dan merubah kehidupan kita sekarang. Pastinya kamu mau jadi salah satu bagian dari perkembangan Teknologi juga dong, nah sebelum itu kamu harus lolos dulu nih pada tahap seleksi di Jurusan Teknologi Informatika di Kampus pilihan kamu , apa aja sih yang harus kamu siapkan saat ujian seleksi ini dia daftarnya :

Sebenarnya ujian seleksi masuk jurusan teknik informatika itu tidak berbeda dengan jurusan lainnya sesama rumpun ilmu pengetahuan Sains & Teknologi materi- materi yang harus kamu pelajari dengan baik terutama yang berhubungan dengan Sains dan Teknologi, namun ada satu hal yang harus kamu ketahui setiap Perguruan Tinggi memiliki ujian seleksi yang berbeda- beda, tetapi jika kamu ingin masuk Universitas Negeri atau Perguruan Tinggi Negeri pastinya kamu akan menemukan seleksi berdasarkan nilai yang kamu peroleh di jenjang Pendidikan sebelumnya yaitu minimum SMA atau SMK, dan juga ada ujian seleksi bernama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jurusan Teknik Informatika masuk dalam kelompok Sains & Teknologi untuk itu kamu harus memiliki pemahaman konsep yang kuat akan pembelajaran baik itu Matematika, dan juga ilmu Sains,nah untuk ujian yang akan kamu dapatkan jika masuk perguruan tinggi melalui SBMPTN materi- materi tersebut yang diujikan yaitu Tes Kemampuan Potensi Akademik(TKPA), dan Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Sains & Teknologi).

Dalam Tes Kemampuan Potensi Akademik materi yang akan diujikan adalah Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural ) sedangkan Tes Kemampuan Dasar Sains & Teknologi materi yang akan diujikan adalah seputar pelajaran (Matematika, IPA, biologi, Kimia, dan Fisika).

Kamu dapat melatih pemahaman dan juga Latihan soal yang berkaitan dengan materi – materi tersebut, tentu saat kamu lebih memahami maka peluangmu dalam lolos tahap seleksi akan semakin tinggi dibandingkan yang tidak belajar serta mencoba.

Mungkin kamu berpikir masuk Perguruan Tinggi Negeri tergolong sulit dan banyak persaingan, nah kamu juga bisa memilih Perguruan Tinggi Swasta juga kok yang memiliki Jurusan Teknik Informatika, banyak juga lho Perguruan Tinggi Swasta yang terkenal dengan lulusan di jurusan ini yang bekerja atau menjadi pemimpin perusahaan Teknologi, tentunya kamu gaperlu minder karena berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta karena dimana pun tempat belajarnya yang menentukan sukses atau tidak adalah diri kita sendiri, kalau begitu ada juga nih Perguruan Tinggi Swasta yang menerapkan seleksi ujian masuk untuk jurusannya , sudah terangkum juga disini mengenai macam – macam materi dan tes yang dilakukan dalam seleksi masuknya, Apa aka sih yuk disimak dulu daftarnya :

Perguruan Tinggi Swasta belum tentu memiliki fasilitas ataupun materi pembelajaran yang jauh berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri untuk itu ada beberapa Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki ujian masuk seperti Tes Kemampuan Potensi Akademik juga lho, jadi buat kamu yang udah belajar mengenai materi–materi yang berhubungan dengan Akademik kamu bisa mencoba mengiktui tes seleksi ini , dengan catatan kalau kamu tidak lulus seleksi masuk di Perguruan Tinggi Negeri.

Selain Tes Kemampuan Potensi Akademik ada juga tambahan berupa Bahasa Inggris nah ini sangat penting karena dalam belajar di Jurusan Teknik Informatika kebanyakan Bahasa yang akan kamu temui yaitu Bahasa inggris mulai dari program berbahasa Inggris hingga pembelajaran Bahasa Inggris, lalu ada juga yang menerapkan Psikotes untuk seleksi ini, buat yang belum tau ap aitu psikotes jadi psikotes adalah tes psikologi yang lebih menilai kepribadian dan juga cara berpikir sesorang. Nah terakhir ada juga yang menerapkan tes wawancara, fungsinya hampir mirip dengan psikotes namun wawancara biasanya lebih mengetahui latar belakang kita.

Wah gimana udah siapin semua materi yang harus kamu pahami untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi, ingat baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta sama saja karena kedepannya yang membuat kita bertahan dan terus belajar adalah diri kita sendiri. Kalau begitu saya pamit dulu dan jangan lupa dukung dan baca terus tulisan -tulisan lainnya , Salam Teknik.

Jangan lupa baca juga pertimbangan sebelum kamu masuk jurusan teknik informatika

Source : youtube  

3 thoughts on “Persiapan Ujian Masuk Jurusan Teknik Informatika

  • Juli 26, 2020 pada 8:46 pm
    Permalink

    Ini nih salah satu jurusan yang prospek kerjanya banyak… Mantaap

    Balas
  • Juli 31, 2020 pada 3:10 am
    Permalink

    Wah dulu pernah pingin banget masuk jurusan itu, tapi maklum kantong tipis jadi pilih yg keguruan negeri aja dah hehe.. btw itu ada tulisan yg susah dibaca gan, mirip kamuflase dengan background. Btw, terima kasih atas infonya.

    Balas
    • Agustus 3, 2020 pada 12:28 pm
      Permalink

      Akhirnya bisa masuk jurusan ini, karena sebelumnya termotivasi sama artikel ini.
      Jadi saya berterimakasih karena sudah diberikan masukan dan akhirnya saya lolos.
      Makasih artikelnya bermanfaat.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *