Ternyata Ini Penyebab HP Meledak Saat Dicas

Hai teman-teman! HP atau Smartphone tentu membuat hidup kita lebih mudah tapi HP atau Smartphone juga bisa berbahaya, dan yang saya maksud bukan soal terlalu lama di depan layar terkadang ada kasus HP meledak. Mari kita cari tahu penyebab HP meledak dan bagaimana mencegah HP meledak.


Ternyata Ini Penyebab HP Meledak Saat Dicas - ilmuteknik.id

Biar saya perjelas sebelum kita membahas lebih dalam. Penyebab HP meledak ternyata bukan di HP nya keseluruhan, melainkan di salah satu komponennya yaitu baterainya dan ini biasanya terjadi pada baterai ion lithium yang biasanya tertanam pada hp modern. Sejak 2016 kasus HP meledak karena baterai terbakar meningkat signifikan, oleh karena itu 3 tahun ini ada larangan menyimpan HP dengan baterai ini di cargo pesawat terbang. Dalam beberapa kasus HP tidak hanya meledak tapi juga terbakar, membengkak, meleleh, dan bahkan mendidih. Para ilmuwan dari Kanada melihat isi HP dan mencari tahu cara kerjanya, kita akan sedikit menjurus ke pembahasan fisika dan kimia tapi ini sangat penting untuk dimengerti kenapa hp dapat meledak dan saya akan membuatnya tetap sederhana, mari kita mulai. 

YUK !!! Tambah ILMU Kalian >>> TERNYATA INI ALASAN MENGAPA DILARANG BERMAIN HP DI SPBU

Baterai punya muatan elektroda positif bernama anoda lithium, ia membentuk elektrolit zat yang mentransfer arus listrik. Reaksi kedua elemen ini menyebabkan baterai memanas lalu saudara jahat anoda lithium bernama elektroda negatif atau katoda bergabung di sana, kemudian panas terjadi.

Baterai memanas hingga 200 derajat Celsius, pada suhu ini elektrolit mulai terurai menjadi zat yang mudah terbakar oksigen, karbondioksida, dan gas lainnya. Baterai tak bisa menahan muatan itu dan membengkak tapi bukan sekedar membengkak, seringkali prosesnya tak berakhir disini melainkan terkadang baterai terbakar. Dampaknya tak terlalu baik terutama jika HP itu ada di sakumu, banyak orang mengatakan baterai mereka panas hingga tembus.. Saat ini semua ion lithium dilengkapi dengan pengontrol, sensor, dan penyimbang muatan untuk mengurangi risiko terbakar.

Tapi terkadang ingin membantu, jadi apa yang sebenarnya penyebab HP meledak? ada beberapa alasan:

  • Pertama elektroda berbeda-beda di tiap baterai dan punya kecepatan pengisian berbeda, arus listrik yang ditransfer ke HP pusat pengisian bisa melebihi daya tampung baterai tak ada yang terjadi setelah sekali pengisian daya tapi jika kamu terlalu sering kelebihan mengisi daya cepat atau lambat baterai mu akan rusak. 

  • Penyebab HP meledak yang kedua yaitu chip yang memonitor level pengisian daya pada HP juga bisa rusak, chip kecil ini menyaring muatan arus sehingga HP-mu tidak memakan daya berlebih jika muatan yang berlebih chip akan mematikannya tapi jika chip ini rusak riwayat HP-mu akan segera tamat.

  • Ketiga, baterai di HP akan mudah rusak jika kamu tak sengaja menjatuhkan atau menginjaknya, jika bateraimu rusak urutan pengoperasian elektrodanya akan berantakan sehingga baterai menjadi kacau dan memicu HP meledak, ingat saat ukuran HP lebih tebal dan lebih berat. Setiap tahun pengembang ponsel mencoba membuat model lebih ramping dan lebih mudah digunakan tapi desain yang tipis dan rapuh itu membuat HP lebih rentan, jika jatuh sekat elektroda dapat rusak sehingga mengakibatkan korsleting yang membuat HP terlalu panas dan terbakar. Lalu akhirnya HP bisa meledak.

  • Keempat, kita tahu bagaimana kondisi baterai HP kita saat dibuat, bisa saja baterainya tergores saat perakitan, mesinnya terganggu atau secara tak sengaja kemasukan partikel logam kecil. Kerusakan kecil sekalipun bisa membuatnya tak berfungsi normal, cacat produksi jarang terjadi tapi tak ada yang bisa selalu memastikannya. Kemungkinan HP meledak sangatlah kecil tapi tetap mungkin. 

Untungnya ada beberapa cara sederhana dan ampuh untuk menghindarinya. Ini lah beberapa cara yang saya sarankan agar HP-mu tidak meledak:

YUK !!! Tambah ILMU Kalian >>> MEMAHAMI CARA KERJA KULKAS DI RUMAH DENGAN MUDAH

Pertama, jika kamu menyadari HP-mu memanas saat di charge cabut kabelnya dan biarkan HP-mu dingin, jangan menutupinya dengan apapun Sampai panasnya berkurang.

Kedua, jangan membeli charger murahan, pabrik HP membuat charger yang sempurna bagi baterai HP-mu. Ya harganya agak lebih mahal tapi akan lebih murah dibanding harga HP baru, hal yang sama berlaku untuk baterainya sendiri. Mintalah seseorang yang ahli untuk menggantinya, perusahaan produsen HP yang meledak ternyata tak bersalah, karena para pembelinya yang mengganti baterai di tempat yang tidak jelas. Orang yang tidak kompeten secara tak sengaja merusak baterai atau menggantinya dengan yang murah dan berkualitas buruk, hal ini sangat memicu HP akan meledak. 

Ketiga, banyak orang suka tertidur di dekat HP dan menaruhnya di bawah bantal sambil discharge, sebaiknya charge HP mu di ruang terbuka dan yang lebih baik jangan charge HP mu sama sekali saat tidur. Lakukanlah pada siang hari ketika kamu bisa mengawasinya. Sehingga saat HP meledak setidaknya akan mudah dilihat oleh anda dan orang lain.

Keempat, jangan biarkan HP-mu mengisi daya di tempat panas, matahari bisa menaikkan suhu baterai dan akibatnya HP bisa meledak.

Kelima, jika kamu menyadari baterai HP-mu cepat habis segera bawa ke pusat layanan resmi kemungkinan besar kamu harus menggantinya.

Keenam, jangan bawa HP-mu di saku belakang kamu mungkin lupa dan tidak sengaja mendudukinya itu akan membuat baterai berubah bentuk, kamu harus berhati-hati, tak hanya dengan baterai HP-mu tapi juga dengan power bank.

Pada tahun 2016 di bandara Istanbul seorang petugas keamanan melarang seorang penumpang membawa power bank-nya ke pesawat. Penumpang tersebut marah dan melemparkannya ke lantai sehingga mengakibatkan ledakan kecil dan asap.

Pertama, setelah terisi cabut kabelnya, melanjutkan pengisian baterai yang penuh akan membuatnya tertekan, seperti otot setelah latihan keras otot harus istirahat dan setelah setahun latihan berlebih seperti itu kapasitas baterai akan berkurang dan HP akan kehabisan baterai lebih cepat. Selain itu para pengembang menyarankan agar tidak mengisi daya HP hingga 100%.

Ternyata Ini Penyebab HP Meledak Saat Dicas - ilmuteknik.idBukan hanya baterai HP yang meledak banyak kasus baterai terbakar lainnya seperti pada laptop, senter dan kendaraan listrik. Tapi jujur saya tak ingin mengakhiri artikel ini dengan membuatmu makin takut, jadi simak beberapa saran tentang cara membuat baterai HP-mu lebih awet ini sehingga terhindar dari kejadian HP meledak.

Kedua, isi daya HP sesering yang kamu butuhkan tapi secukupnya saja, jika kamu terus menerus mengecas hingga 100% dan menggunakan HP-mu sampai baterainya habis, baterai hanya mampu bertahan sekitar 500 sampai 700 siklus pengisian daya. Jika kamu biarkan dayanya habis sampai 50% lalu mengecas sedikit dan biarkan berkurang lagi bateraimu akan mampu bertahan sampai 1500 siklus pengisian daya, level idealnya adalah selalu menjaga daya HP antara 40% sampai 80%.

Ketiga, adalah salah satu penyebab HP meledak. Perhatikan suhunya bukan hanya cahaya matahari yang bisa merusak baterai tapi juga suhu beku, membawa HP di saku jaketmu pada musim dingin adalah ide yang buruk.

Keempat, kamu disarankan untuk mengosongkan bateraimu sampai 0% lalu mengisi nya penuh sebulan sekali, latihan baterai ini akan membantu mengkalibrasi mekanisme yang berguna memperbaiki tampilan level pengisian baterai.

YUK !!! Tambah ILMU Kalian >>> MENGAPA HELIKOPTER TIDAK DAPAT MELAJU DENGAN CEPAT?

Kelima, cobalah ganti baterai HP mu setidaknya sekali dalam dua atau tiga tahun. 

Dan pertanyaan terakhir yang mungkin membuat banyak orang khawatir yaitu apakah boleh meninggalkan charger di stop kontak saat sedang tidak mengecas?

Para ahli mengatakan bahwa tidak ada risiko karena HP-mu yang mengatur pengisian daya jadi saat dicabut proses itu berhenti tetapi jika chargermu berkualitas rendah sebaiknya hindari risiko itu dan cabut chargermu dari stop kontak terutama jika kamu akan bepergian untuk waktu yang lama. 

Sekarang kamu taukan apa Penyebab HP Meledak, semoga artikel ini bermanfaat dan kamu terhindar dari kejadian HP meledak. Kamu pasti tidak mau kan kalau HP kesayanganmu sampai meledak. Sayangi HP mu dan hidupmu.

8 tanggapan untuk “Ternyata Ini Penyebab HP Meledak Saat Dicas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *