Yuk Kenali Cara Pembuatan Briket Arang

Taukah kamu cara pembuatan briket arang ??

Pengertian briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar dan digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api, atau bara api. Nah jenis briket bermacam-macam misalnya saja paling umum digunakan yaitu briket batubara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa.

Bahan baku pembuatan briket arang antara lain seperti serbuk gergaji, sisa-sisa potongan bambu, batok kelapa dan batang pohon. Tahapan awal dalam pembuatan briket arang adalah udah dipilih ini dikeringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Tujuannya yaitu untuk mengurangi kadar air yang terkandung dalam bahan baku tersebut.

Baca juga Adu Hemat Kompor LPG VS Kompor Listrik

Tahap selanjutnya yaitu pirolisis atau pengarangan, bahan baku yang sudah dikeringkan kemudian dibakar sampai berubah jadi arang. Arang yang sudah terbentuk biasanya masih berukuran besar sehingga perlu digiling agar ukuran menjadi lebih kecil seperti bubuk atau tepung. Kemudian dilakukan pengayakan yang fungsinya untuk mendapatkan bubuk arang dengan ukuran partikel yang seragam.

Keseragaman bentuk dan ukuran bubuk arang akan memudahkan pencampuran antara bubuk arang dan bahan pendukung lainnya. Salah satu bahan bahan pendukungmya yaitu tepung kanji / tepung sagu dan air. Tepung kanji / sagu di sini berfungsi sebagai lem atau perekat sehingga bahan baku bisa lebih mudah dipadatkan. Perbandingan campuran air dan tepung yaitu 1 : 1, sementara perbandingan air tepung dan bubuk arang yaitu 1 : 10.

Adonan bubuk arang dan tepung kanji serta air kemudian di uleni sampai adonan menjadi kalis. Barulah setelah adonan briket arang menjadi kalis dilanjutkan dengan proses pencetakan.

Bahan yang sudah dicampur dengan perekat bisa langsung dicetak dengan cara dipadatkan menggunakan mesin press khusus. Bentuk briket arang yang paling umum ditemukan dipasaran yaitu kubus dan lingkaran.

Tahap terakhir dalam pembuatan briket arang yaitu, bahan yang telah dicetak harus dikeringkan sekali lagi untuk menurunkan kadar air di dalamnya dengan cara dijemur dibawah sinar matahari atau dipanggang menggunakan oven.

Baca juga Pemanfaatan Biogas dari Kotoran Sapi sebagai Sumber Energi Alternatif

Didukung dengan melimpahnya stok batok kelapa sebagai bahan baku bubuk arang membuat usaha briket arang memiliki prospek yang bagus kedepannya. Semoga bermanfaat dan Jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

One thought on “Yuk Kenali Cara Pembuatan Briket Arang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *