Ini Dia Alasan Kenapa Nasi Berair dan Cepat Basi Pada Rice Cooker

Apakah kamu termasuk golongan orang-orang yang belum makan kalau belum makan nasi?? Tapi pernahkah kamu saat menanak nasi malah nasinya menjadi Berair dan Cepat Basi? Kali ini ILMUTEKNIK.ID akan membahas penyebab Kenapa Nasi Berair dan Cepat Basi saat dimasak di Rice Cooker.

Baca juga Kamu tau gk sih apa itu fast charging?

Yups, nasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, kita hampir tidak bisa melewatkan satu hari tanpa makan nasi. Demi mempermudah dalam memasak nasi, saat ini penanak nasi atau rice cooker adalah kebutuhan wajib. Rice cooker adalah peralatan rumah tangga berfungsi untuk memasak atau menanak nasi, atau memiliki fitur cooking/memasak. Awalnya, Rice Cooker hanya berfungsi sebagai alat untuk memasak atau menanak nasi, namun seiring dengan perkembangan saat ini Rice Cooker dapat digunakan untuk menghangatkan nasi, dengan fitur Keep Warm, untuk mengukus, menghangatkan lauk, dan beberapa fungsi lainnya.

Dengan desain yang sederhana dan komponen kelistrikan yang sedikit, begitu memudahkan pada saat perawatan dan perbaikannya.

Nasi kamu berair dan cepet basi??

Namun pernahkan kamu saat sedang menanak nasi menggunakan rice cooker, ternyata setelah beberapa saat nasi menjadi berair dan cepat basi. Air yang menumpuk ini mengakibatkan nasi menjadi bau basi, padahal nasi tersebut belum lama matang.

Mungkin kamu berasumsi bahwa pada saat menanak nasi kamu menggunakan air yang terlalu banyak sehingga air tersebut tersisa pada rice cooker. Namun setelah dicoba menanak nasi menggunakan air yang sedikit, hasilnya tetap saja berair. Normalnya saat kamu terlalu banyak menggunakan air untuk menanak nasi, maka nasi tersebut menjadi lebih lembek atau membubur.

Rice cooker yang nasinya berair dan cepat bau dikarenakan adanya gangguan pada sistem kelistrikannya. Nasi yang berair dan cepat bau dikarenakan elemen pemanas bagian atas (penutup) tidak panas. Berdasarkan hukum fisika, jika uap air bertemu dengan benda yang lebih dingin maka akan terjadi pengembunan. Uap panas ini haruslah dibuang keluar dari rice cooker melalui lubang uap yang berada di bagian atas rice cooker (penutup).

Baca juga Cara Pembuatan Briket Arang

Nah, jika elemen pemanas pada tutup rice cooker tidak panas, maka uap air tersebut akan bertemu pada elemen penutup dengan suhu yang lebih rendah. Pada elemen ini akan terjadi kondensasi/pengembunan dan akan menjadi titik-titik air yang akan menetes pada nasi. Air yang menetes ke nasi ini lah yang membuat nasi berair dan mempercepat nasi menjadi basi.

Cara Mengatasi Nasi Berair dan Cepat Basi pada Rice Cooker

Cara mengatasi Nasi Berair dan Cepat Basi pada Rice Cooker adalah dengan melakukan pemeriksaan pada elemen pemanasnya. Bisa jadi elemen pemanasnya mati atau hanya sambungan kabel menjuju elemen pemanas bagian atas yang terlepas. Ada baiknya mengunakan multimeter atau AVO meter untuk mengetahui elemen pemanas masih bagus atau tidak. Elemen pemanas akan menunjukkan adanya resistansi atau hambatan jika kondisinya masih bagus, tapi jika saat diukur tidak terdapat hambatan, maka dapat dipastikan bahwa elemen pemanas tersebut sudah rusak.

Semoga saat ini kamu sudah paham Kenapa Nasi Berair dan Cepat Basi Pada Rice Cooker, jadi jangan lupa Ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami di ILMU TEKNIK dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *