Cara Mengatasi Masalah Bunga Es Pada Kulkas dan Freezer

1. Penyebab Bunga Es (frost)

Penyebab bunga es (frost) sebenarnya adalah uap air di udara membeku dalam freezer kulkas, fenomena ini sangat wajar terjadi apalagi pada kulkas satu pintu. Pada kulkas satu pintu ini tidak dibekali dengan fungsi defrost layaknya kulkas dua pinto. Kebanyakan orang akan cuek atau tidak peduli dengan adanya bunga es didalam kulkas sehingga biarkan menumpuk sampai menutup semua bahan makanan. kinerja kulkas menurun, barulah mereka akan mencari cara untuk membersihkan bunga es tersebut. 


2. Bahaya Bunga Es di Freezer 

Jangan biarkan bunga es (frost ) menumpuk terlalu tebal dalam freezer karena akan menimbulkan bahaya dan dampak buruk, antara lain:

  1. Kesulitan mengambil es ataupun bahan makanan yang ada di dalam.
  2. Kerak es akan mengambil sebagian besar kapasitas freezer, sehingga bahan makanan lain tidak bisa dimasukkan.
  3. Bunga es akan menutup selang yang bertugas mengeluarkan udara dingin di freezer, akibatnya kulkas tidak dingin. Bahan makanan lain pun cepat busuk.
  4. Sumber kontaminasi, freezer biasanya diisi dengan daging mentah yang mengandung banyak bakteri. Bunga es yang menempel pun ditakutkan juga penuh bakteri.

Keempat hal di atas akan menimbulkan masalah yang lebih besar ke depannya, oleh karena itu segera bersihkan freezer secara teratur.

3. Cara Membersihkan Bunga Es dalam Kulkas

Jika Anda memiliki fungsi defrost, maka tinggal klik tombol tersebut dan tunggu hasilnya beberapa jam ke depan. Defrost menggunakan heater yang mencairkan frost dengan cepat. Di beberapa Jenis kulkas, fungsi defrost mengeluarkan refrigeran yang panas Ialu dialirkan menuju evaporator. 

Bagi yang tidak memiliki defrost ikuti langkah berikut ini: 
Alat-alat : 
  1. Handuk bersih/kain bersih.
  2. Air panas.
  3. Lap kering.


Langkah-Langkah Membersihkan Bunga Es

  • Untuk mencairkan freezer dari bunga es, Anda tidak perlu mematikan arus listrik kulkas. Cukup mengatur thermostat ke suhu terendah (mematikan pendingin). Jika kulkas Anda memang kosong (tidak banyak isinya), maka lebih baik dimatikan saja agar hemat listrik.
  • Biarkan pintu kulkas Anda terbuka (jangan ditutup).
  • Setelah dibiarkan setidaknya setengah jam, maka bunga es sudah mencair sedikit. Saat ini keluarkan semua bahan makanan dalam
  • freezer. Agak dilema juga kalau makanannya berupa daging, lebih baik simpan dalam termos es dahulu sementara atau jika makanan sudah terlalu lama dan rusak maka buang saja.
  • Celupkan handuk bersih ke dalam air panas lalu letakkan di dalam freezer, dengan begini bunga es yang mencair pun akan ikut terserap handuk, sehingga tidak menyebar ke mana-mana.
  • Setelah lima menit/handuk mulai dingin, ambit lalu bilas. Masukkan kembali ke dalam air hangat, lalu gosokkan ke dinding freezer. Ulangi beberapa kali sampai semua frost mencair.
  • Langkah terakhir membersihkan frost di freezer, gunakan lap kering untuk membersihkan seta-sela freezer dari air kotor yang tersisa. Lebih baik lagi jika Anda juga mengelap semua bagian kulkas yang kotor.


Jika freezer Anda berbau tidak enak, gunakan campuran soda kue dan air saat langkah terakhir. Soda kue sangat terpercaya sebagai bahan pembasmi bau tidak sedap dan aman bagi kesehatan manusia. Jangan menggunakan barang tajam lainnya untuk mencongkel bunga es, lebih baik menunggunya mencair. Jika lapisan bernama evaporator dalam freezer rusak, maka suhu dalam kulkas tidak bisa dingin. Hal ini dikarenakan gas refrigeran akan terbuang sia-sia tanpa menghasilkan udara dingin. 


4. Penyebab Bunga Es dan Cara Mencegahnya

Agar bunga es tidak menumpuk di dalam freezer, Anda perlu membersihkannya secara teratur (seminggu sekali). Ikuti juga beberapa langkah pencegahan dari penyebab terjadinya bunga es di bawah ini. 


Banyaknya bahan makanan yang mengandung uap air

Solusinya adalah selalu membungkus makanan yang Anda masukkan ke dalam kulkas dengan plastik.

Sering memasukkan makanan yang panas.

Panas makanan ini akan menambah uap sehingga semakin banyak uap maka semakin banyak frost yang terbentuk

Terlalu sering membuka pintu

Pintu yang terbuka akan membuat udara luar yang mengandung uap air akan masuk sehingga nantinya akan membentuk bunga es

Pengaturan thermostat yang terlalu dingin

Pengaturan suhu yang terlalu dingin pastinya akan membuat kerak es yang sangat tebal

 TEST PLAGIARISM

3 tanggapan untuk “Cara Mengatasi Masalah Bunga Es Pada Kulkas dan Freezer

  • Agustus 6, 2019 pada 6:05 am
    Permalink

    Terima kasih gan, saya jadi tau sekarang cara bersihin kulkas yang benar

    Balas
  • November 3, 2019 pada 4:49 am
    Permalink

    gan kulkas ane sering defrost, gimana cara ngatasinnya
    terima kasih

    Balas
  • Juli 28, 2020 pada 2:36 pm
    Permalink

    Nice info gan., thank you., kalo dimatiin emang susah naruh bahan makanan yg harus selalu dingin., jadi bisa ikut sarannya si agan.,., ehhehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *