Jenis Sistem Isolasi Dasar Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

ilmuteknik.id - Jenis Sistem Isolasi Dasar Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Sistem Isolasi Dasar – Isolasi seismik dapat dicapai dengan penggunaan berbagai perangkat seperti bantalan karet, bantalan gesekan, bantalan bola, dan sistem pegas. Jenis Sistem Isolasi Dasar yang banyak digunakan dalam aplikasi praktis adalah: (i) bantalan karet elastomer, (ii) bantalan karet timbal elastomer, (iii) isolator berbasis gesekan, dan (iv) sistem pendulum gesekan, FPS.

Isolator elastomer(Figurea), yang dapat redaman rendah (LDRB) atau tinggi (HDRB) tergantung bahan yang digunakan, terdiri dari serangkaian lapisan horizontal bahan elastomer (karet sintetis atau alam) diselingi oleh pelat baja. Bantalan ini sangat kaku dalam arah vertikal, mampu mendukung beban vertikal yang tinggi dengan deformasi yang sangat kecil, namun fleksibel di bawah beban lateral di kedua sumbu horizontal. Pelat baja memberikan kontribusi yang signifikan baik untuk kekakuan vertikal maupun untuk pengekangan lateral yang mencegah deformasi lateral yang berlebihan, sekaligus membatasi penonjolan lateral pada karet. Parameter kunci untuk desain isolator elastomer adalah beban vertikal maksimum yang dapat dipertahankan, kekakuan horizontal, dan perpindahan horizontal relatif maksimum yang diizinkan antara kedua ujung bantalan.

Baca juga

Bantalan timbal-karet elastomer (Gambar b) memiliki karakteristik yang sama dengan bantalan elastomer biasa, dengan pengecualian silinder pusat pada inti, yang menyediakan sumber redaman yang lebih besar karena deformasi geser bahan timah, karena bantalan biasa bantalan memiliki kapasitas disipasi energi yang terbatas.

ilmuteknik.id - Jenis Sistem Isolasi Dasar Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Isolator berbasis gesekan adalah bantalan geser yang menggunakan elemen geser antara pondasi dan bangunan atas. Bergantung pada bentuk antarmuka antara elemen geser, mereka dibagi menjadi bantalan geser datar dan bantalan geser melengkung. Perpindahan geser dikendalikan oleh pegas tegangan tinggi, bantalan karet laminasi atau bentuk melengkung dari permukaan geser, dan mekanisme ini memberikan gaya pemulih untuk mengembalikan bantalan dan struktur ke posisi keseimbangannya. Jenis yang paling umum dalam kategori ini adalah sistem pendulum gesekan (FPS), yang menggunakan prinsip pendulum untuk memperpanjang periode fundamental dari struktur yang terisolasi. FPS terdiri dari permukaan baja tahan karat cekung yang ditutupi oleh bahan komposit berbasis Teflon dan penggeser. Selama gerakan tanah yang parah, penggeser bergerak pada permukaan cekung mengangkat struktur dan menghilangkan energi dengan gesekan antara permukaan bola dan penggeser. Isolator ini menggunakan kelengkungan permukaannya untuk menghasilkan gaya pemulih dari aksi pendulum dari berat struktur pada FPS.

Keuntungan dan Kerugian Isolasi Seismik

Mengikuti pendekatan yang berbeda dari semua metode perkuatan lainnya, isolasi dasar menyebabkan penurunan signifikan gaya seismik yang diterapkan pada struktur, dan merupakan salah satu metode paling aman untuk peningkatan seismik. Keuntungan utamanya adalah semua pekerjaan penguatan dilakukan di tingkat pondasi sehingga mengurangi gangguan warga selama pekerjaan konstruksi. Artinya, biaya tambahan untuk kerusakan non-struktural dan gangguan bisnis juga terbatas.

Baca juga

Bahkan dalam kasus peristiwa seismik yang besar, kerusakannya kecil dan terkonsentrasi pada tingkat isolator; sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa perlu evakuasi bangunan. Terlebih lagi, getaran di bagian atas bangunan sangat kecil, dengan percepatan mutlak dan perpindahan relatif yang terbatas. Ini sangat penting dalam kasus di mana nilai konten bangunan sangat tinggi. Nilai ini dapat berupa keuangan (misalnya industri yang sangat penting yang tidak mampu menghentikan operasinya untuk jangka waktu yang lama), arsitektural (misalnya bangunan bersejarah) atau budaya (misalnya museum penting). Isolasi dasar sangat cocok untuk bangunan bersejarah, karena metode ini paling tidak invasif dan tidak memerlukan intervensi pada bangunan atas yang perlu dilestarikan.

Namun, isolasi dasar masih merupakan solusi yang sangat mahal, terutama untuk proyek berukuran kecil hingga sedang, yaitu bangunan dengan tinggi hingga 10 lantai, dan dalam kasus seperti itu, peningkatan tingkat keselamatan tidak sepenuhnya diimbangi dengan peningkatan biaya. Namun patut dicatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir harga isolator telah turun secara signifikan, dan diperkirakan akan terus menurun dalam waktu dekat, secara bertahap membuat isolasi dasar lebih menarik.

Masalah lain dari metode ini adalah tidak dapat diterapkan pada konfigurasi struktural apa pun. Ini mensyaratkan bahwa bangunan yang dipertimbangkan bebas bergerak ke segala arah di sekelilingnya, dan ini tidak mungkin bila bangunan tersebut bersentuhan dengan properti lain di salah satu sisinya. Oleh karena itu, metode tersebut tidak dapat diterapkan pada sebagian besar stok bangunan, seperti bangunan di pusat kota dan kawasan padat penduduk lainnya.

Baca juga:

Isolasi dasar adalah metode baru yang sangat berbeda dalam filosofi dan detailnya sehubungan dengan metode retrofit lain yang ada. Ini membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus baik pada desain maupun pada tingkat konstruksi. Karena jumlah proyek yang dilakukan hingga saat ini menggunakan teknik ini relatif kecil dan terbatas pada bangunan dan landmark yang lebih besar dan lebih menonjol, keahlian ini saat ini terbatas, dan hanya dimiliki oleh perusahaan desain atau konstruksi besar (yang semakin menguatkan keyakinan bahwa isolasi seismik saat ini merupakan metode untuk proyek besar dan penting saja).

Semoga artikel ini tentan Jenis Sistem Isolasi Dasar Beserta Kelebihan dan Kekurangannya ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tags:

  • sistem terbuka termokimia
  • perbedaan sistem terbuka tertutup dan terisolasi
  • sistem terisolasi
  • sistem terbuka adalah
  • sistem tertutup termokimia
  • contoh sistem terbuka tertutup dan terisolasi
  • contoh sistem terisolasi
  • base isolation system adalah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.