Metode Pemasangan Bronjong yang Benar

ilmuteknik.id - Metode Pemasangan Bronjong yang Benar

Sebelum masuk ke metode pelaksanaan pekerjaan pemasangan bronjong ada baiknya kita ketahui pengertian dan fungsi serta keunggulan bronjong itu sendiri.

Apa itu bronjong?

Bronjong andalah anyaman kawat baja yang berupa kubus ataupun balok serta berisi dengan batu- batuan. Umumnya digunakan selaku bilik penahan tanah di zona tebing, lereng, serta tepi sungai. Anyaman kawat baja ini berupa segi 6 serta terikat sangat kokoh sebab pengerjaannya memakai mesin tidak hanya itu material kawat baja yang digunakan merupakan kawat baja yang sudah dilapis Galvanis sehingga tahan terhadap korosi.

Kawat bronjong awal mulanya berupa lipatan- lipatan sehingga berbentuk seperti lembaran– lembaran. Sehingga memerlukan perakitan untuk membentuk suatu balok ataupun kubus.

Fungsi bronjong antara lain yaitu melindungi serta memperkuat struktur tanah di dekat tebing semoga tidak terjadi longsor, tepi sungai, serta tepi tanggul. Bronjong pula dapat dipakai sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai.

Pada bagian tepi sungai sering mengalami abrasi karena terkena arus sungai yang deras. Dalam hal ini bronjong berfungsi sebagai penahan tepi sungai dari arus sungai sehingga bantaran sungai tidak hendak mudah hilang.

Dibanding dengan konstruksi penahan lainnya, misalnya yang dibuat dari beton, bronjong memiliki berbagai keunggulan. Keunggulan penggunaan bronjong yang pertama yaitu sifatnya yang fleksibel sehingga dapat mengikuti pergerakan tanah yang ada di bawahnya tanpa mengganggu konstruksi di bawahnya.

Kedua, tumpukan batu- batu di dalam bronjong ini memungkinkan air untuk mengalir, di sela- selanya sehingga tekanan tanah akan berkurang, serta mengurangi kemungkinan tanah longsor. Khususnya untuk bangunan yang berada di dekat tebing.

Ketiga, harga bronjong jauh lebih murah dibanding dengan penahan dari beton. Kawatnya mudah didapatkan, begitu juga dengan batu- batu pengisinya. Karena harganya yang relatif murah ini juga dipengaruhi oleh metode pembuatan serta biaya pengiriman. Jika dibandingan dengan beton maka bobot kawat bronjong jauh lebih ringan.

Cara Pemasangan Bronjong

Dalam sebuah metode pemasangan brojong ada tahapan– tahapan yang wajib dilakukan dengan seksama. Berikut ini merupakan tahapan dalam pemasangan bronjong.

Mempersiapkan posisi penempatan bronjong

Pada pekerjaan ini pelaksana harus sudah mulai melakukan pembersihan area, pengukuran serta pematokan zona kerja, hingga melaksanakan penggalian, pengurugan serta pemadatan tanah.

Pekerjaan pengesetan bronjong dilokasi

Meskipun area telah siap, namun tetap saja tidak dapat langsung dilakukan pekerjaan pemasangan bronjong, Namun wajib melaksanakan uji kualitas kepadatan tanah apakah telah cocok dengan spesifikasi. Setelah hasil laboratorium menyatakan bahwa kepadatan tanah sudah memenuhi daya dukung, maka pelaksana bisa melakukan pemasangan penyekat/ pelapis bronjong yang dibuat dari ijuk ataupun goetextile.

Barulah kemudian diatasnya digelar anyaman bronjong yang telah diseting. Karena biasanya struktur bronjong cukup panjang dan tinggi, maka susunan bronjong dilakukan lapis per lapis, pada setiap lapisan bronjong yang satu dengan yang lainnya harus diikat menggunakan kawat pengikat yang memiliki lapisan galvanis dan ditambah dengan angkur.

Pekerjaan pengikatan rangkaian bronjong satu dengan yang lain

Bronjong yang telah diset kemudian dipasang lapis per lapis yang diawali dari susunan paling dasar. Karena dimensi bronjong standar, maka untuk mencapai panjang konstruksi bronjong wajib ditata berbaris dan tiap batasan barisan bronjong dipasang angkur penguat dari besi. Setelah itu untuk mengikatkan satu bronjong dengan bronjong lainnya menggunakan kawat pengikat yang berlapis galvanis. Hal ini berlaku juga untuk susunan awal dengan susunan ke 2 wajib diikat dengan kuat, supaya tidak ada perpindahan atau pergeseran bronjong.

Tahap pengujian kekokohan rakitan bronjong

Kawat bronjong yang sudah dirangkai serta telah diikat satu dengan lainnya, sebelum dicoba diisi material batu pengisi, bronjong wajib diuji kekuatannya oleh pelaksana lapangan serta dilaporkan kepada manajer lapangan supaya memperoleh ijin untuk melakukan pengisian material.

Langkah pengisian material bronjong

Pengisian bronjong dilakukan dari rangkaian bronjong paling pinggir. Jika gradasi material tidak seragam, maka saat pengisian bronjong harus disusun material yang bergradasi lebih kecil dari diameter lobang kawat, diletakan ditengah-tengah dan diapit oleh material yang memenuhi syarat dari segi ukuran. Pola pengisian material bronjong yaitu diisi hingga mencapai kedalaman setengah dari tinggi bronjong sepanjang rangkaian, baru kemudian diisi penuh dimulai dari pinggir. Setelah bronjong diisi penuh, tidak boleh langsung ditutup, melainkan harus dilakukan pengujian kepadatan isi material. Pengujian dilakukan oleh pelaksana lapangan yang didampingi oleh manajer lapangan dan direksi. Barulah setelah rekomendasi kepadatan dikeluarkan oleh direksi dan manajer lapangan, bronjong yang telah diuji tersebut boleh dilakukan penutupan dan penyulaman pengikat.

Pengujian pengisian material bronjong

Bronjong yang telah diisi penuh dengan material atau batu-batuan, harus dilakukan pengujian kepadatan, pengujian dapat dilakukan dengan melakukan pembebanan di atas bronjong. Jika saat dibebani dan digoyang tetap kokoh, maka bronjong dianggap telah kuat untuk menahan beban dan dorongan beban. Sehingga dapat dilakukan penutupan bronjong.

Penutupan anyaman bronjong dan penyulaman

Setelah ijin kepadatan dikeluarkan oleh direksi dan manajer lapangan, maka pelaksana dapat melakukan penutupan dan pengikatan penyulaman bronjong menggunakan kawat pengikat.

Semoga artikel ini tentang Metode Pemasangan Bronjong yang Benar ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tags:

  • bronjong kawat
  • perhitungan desain bronjong
  • bronjong sungai
  • ukuran bronjong
  • harga bronjong
  • bronjong batu
  • cara pemasangan bronjong
  • pekerjaan bronjong

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.