Penyebab Semut Listrik Masuk ke Alat Kelistrikan dan Elektronik

Semut terbakar di pressure switch pompa air - ilmuteknik.id
Semut terbakar di pressure switch pompa air

ILMU TEKNIK – Salah satu serangga yang sudah sangat akrab dan sering kita temui yakni semut. Semut merupakan hewan yang memiliki tubuh relatif kecil, hewan ini biasanya hidup berkoloni. Dalam satu koloni terdapat semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Tetapi kita tidak akan membahas lebih detail mengenai semut khususnya jenis semut listrik karena itu bukan ranah dari ilmuteknik.id.

Apakah kamu pernah melihat semut yang berada di dalam alat kelistrikan dan elektronik? seperti stop kontak, saklar, dan steker bahkan kasus semut masuk ke dalam laptop sudah sering terjadi. Kamu pasti berpikir kenapa sih semut sering masuk ke alat-alat kelistrikan dan elektronik? Apa mereka memang sengaja bunuh diri? Mungkin kalian merasa hal ini unik, tetapi hal tersebut tidak boleh dianggap sepele.

Mari kita bahas alasan semut masuk ke alat kelistrikan dan elektronik serta apa sih bahayanya.

Semut jenis ini tertarik dengan kabel listrik dan kotak sambungan oleh karena itu hewan ini disebut semut listrik (Rasberry Crazy). Semut listrik ini suka sekali dengan peralatan kelistrikan dan elektronik yang mengandung banyak kabel di dalamnya. Contohnya saja laptop, stop kontak, saklar, steker dan socket-socket kabel lainnya.

Seorang peneliti dari University of Texas Edward LeBurn, menyebutkan kalau semut listrik ini tidak suka bersarang di dalam lubang tanah. Semut jenis ini ukurannya hanya 1/8 inch, sehingga mereka lebih memilih untuk tinggal di dalam peralatan elektronik yang mudah untuk dilalui dan tidak ada hewan predator pemangsa mereka.

YUK !!! Baca Juga >>>ILMU TEKNIK : 6 PENYEBAB LAMPU BOHLAM CEPAT MATI

Menurut seorang ahli parasitologi yaitu Rich Pollack, Ph.D.,
“semut-semut menyukai alat listik dan elektronik dikarenakan beberapa sebab yaitu suhu yang hangat, tempat tinggal yang aman dan nyaman, dan tempat gelap. Alat-alat listrik ini biasanya menimbulkan panas yang membuat tempat sekitarnya hangat, selain itu di dalam alat listrik terdapat banyak ruang untuk tempat tinggal semut, dan kegelapan di dalamnya menarik semut untuk tinggal”

Socket yang penuh dengan semut yang terbakar - ilmuteknik.id
Socket yang penuh dengan semut

Semut yang kesetrum akan mengeluarkan feromon atau aroma khas yang memberi tahu kepada koloni lainnya kalau kawanannya sedang diserang musuh. Feromon ini membuat semut-semut lain akan datang untuk membantu dengan cara menggigiti kabel yang dikira adalah musuhnya, semakin banyak feromon yang dilepas maka semakin banyak semut yang datang. Hasilnya yaitu kabel listrik akan mengalami konsleting dan bisa menyebabkan kebakaran.

Berikut ini tanda-tanda adanya semut di dalam alat kelistrikan dan elektronik (stop kontak, saklar,dll) dirumah kamu:

  1. Adanya bunyi aneh (creeek…creeek…creek) dari dalam stop kontak, saklar,dll.
  2. Tercium bau seperti aroma terbakar
  3. Adanya rontokan seperti pasir
  4. Kinerja dari alat kelistrikan/elektronik yang tidak normal

Ini dia langkah-langkah untuk membersihkan saklar yang dimasuki semut listrik:

  1. Matikan MCB Utama Listrik, untuk menghindari kamu tersengat listrik.
  2. Pastikan area kerja kamu mendapatkan penerangan yang memadai.
  3. Lepaskan sekrup pada tutup saklar dengan menggunakan obeng.
  4. Setelah tutup terlepas dan terpisah dari dinding, bersihkan debu-debu dan bangkai semut yang masih ada di rumah saklar menggunakan kuas atau sikat.
  5. Jika masih ada semut hidup didalam saklar maka semprotkan obat serangga agar semut listrik tersebut mati.
  6. Apabila bangkai semut pada rangka saklar yang berisi instalasi kontak kabel listrik sangat banyak dan masuk ke dalam-dalam, lebih baik segera keluarkan kabel-kabel listrik dari rangka dan bersihkan rangka saklar secara menyeluruh.
  7. Hubungkan rangka saklar yang sudah bersih dengan kabel-kabel sesuai posisi awalnya.
  8. Pasang kembali rangka saklar didalam tembok, dan kencangkan sekrup cakar agar cengkraman rangka saklar dengan dinding kuat dan tidak mudah lepas.
  9. Pasang kembali tutup saklar dan pastikan posisinya tepat atau tidak miring.
  10. Coba hidupkan saklar dan lihat perubahannya.

Cara ini tidak hanya untuk membersihkan saklar saja, namun bisa juga untuk membersihkan stop kontak yang terpasang pada dinding rumah.

YUK !!! Baca Juga >>>Penyebab dan cara memperbaiki lampu yang berkedip-kedip (blinking)

Dilansir dari insekta.co.id, langkah pertama untuk menghindari semut masuk rumah yaitu dengan menutup celah atau retakan pada rumah kamu, lalu gosoklah retakan atau celah menggunakan detergen untuk menghilangkan feromon semut.

Jadi jika ada semut yang tinggal di alat elektronik di rumah kamu, segeralah bersihkan mereka sebelum terjadi hal-hal yang dapat membahayakan dirimu dan orang lain. Terima Kasih

6 thoughts on “Penyebab Semut Listrik Masuk ke Alat Kelistrikan dan Elektronik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *