Berbagai Jenis Jembatan yang Wajib Diketahui

ilmuteknik,id - jenis jenis jembatan

Apa Itu Jembatan?

Jembatan merupakan struktur yang membawa jalan, jalur, kereta api, dll. Melintasi sungai, jalan, atau rintangan lainnya. Pada artikel ini ilmuteknik akan membahas berbagai jenis jembatan.

Baca juga :

Jenis Jembatan

Jenis jembatan yang paling umum dijelaskan di bawah ini:

  1. Jembatan Balok
  2. Jembatan Lengkung
  3. Jembatan Kantilever
  4. Jembatan gantung
  5. Jembatan Cable-stayed
  6. Jembatan Truss.

1. Jembatan Balok

Jembatan balok adalah jenis jembatan paling sederhana yang biasanya terdiri dari satu bentang atau lebih, didukung oleh pier atau abutment di setiap ujungnya. Jembatan balok biasanya dibangun dari RCC atau baja atau kombinasi dari RCC dan Baja. 

Abutment

Abutment / kepala jembatan adalah bagaian bangunan pada ujung-ujung jembatan, sebagai pendukung bagi bangunan atas dan berfungsi sebagai penahan tanah. 

Elemen beton yang digunakan dalam jembatan balok dapat diperkuat, prategang atau pascatarik. Jenis jembatan balok adalah jembatan gelagar, jembatan gelagar kotak, jembatan gelagar pelat dll.

2. Jembatan Lengkung

Seperti namanya, jembatan pelengkung ini terdiri dari abutment berbentuk kurva di setiap ujungnya. Lengkungan terjepit bersama dan gaya tekan ini dibawa sepanjang kurva untuk menopang setiap ujungnya.

Penyangga kemudian mendorong kembali lengkungan dan mencegah ujung lengkungan menyebar. Rentang jembatan lengkung biasanya mencapai 200 meter terbuat dari batu , baja, atau beton.

Jenis jembatan lengkung:

  1. Jembatan lengkung tanpa engsel
  2. Dua jembatan lengkung berengsel.
  3. Jembatan lengkung berengsel tiga
  4. Jembatan lengkung yang diikat.

3. Jembatan Kantilever

Jembatan kantilever dibangun dengan menggunakan bentang kantilever , yaitu bentang ditopang pada salah satu ujungnya dan ujung lainnya dibuka. Biasanya, dua bagian kantilever digabungkan untuk membuat jalan raya .

4. Jembatan Gantung

Di jembatan gantung, pelat geladak digantung menggunakan tali, rantai, atau kabel baja berkekuatan tarik tinggi.

Jalan raya tergantung dari kabel baja besar, yang menutupi dua menara dan diamankan dengan jangkar di kedua ujung jembatan.

Jangkar terbuat dari balok beton padat . Kabel mentransfer beban ke kompresi di dua menara. Biasanya jembatan jenis ini bisa menjangkau 600 – 2000 meter.

5. Jembatan Kabel

Jembatan kabel tetap mirip dengan jembatan gantung karena juga menggunakan kabel tetapi dalam bentuk yang berbeda. Jembatan ini terdiri dari lebih sedikit kabel dan ketinggian menara jauh lebih besar daripada jembatan gantung.

Baca juga :

6. Jembatan Truss

Struktur atas jembatan rangka dibangun dengan menggunakan rangka yang terdiri dari banyak elemen kecil yang membentuk rangka segitiga. Truss digunakan karena merupakan struktur yang sangat kaku dan dapat mentransfer beban dari satu titik ke area yang lebih luas.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengetahui Berbagai Jenis Jembatan. Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Klik link dibawah ini untuk membaca artikel tentang “Memahami Cara Kerja Kabel Serat Optik Atau Fiber Optik

Tags;

  • jenis-jenis jembatan, dan gambarnya
  • jenis-jenis jembatan berdasarkan fungsinya
  • jenis-jenis jembatan berdasarkan strukturnya
  • jembatan beton
  • jembatan kayu
  • jenis jembatan di indonesia
  • jenis jembatan yang dibuat dari perpaduan dua bahan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.