Grease Trap – Pengertian, Cara Kerja dan Desain Gambar

ilmuteknik.id - gambar kitchen sink 3 dimensi, bak penyaring lemak dan kotoran dapur
Tampak 3dimensi gambar kitchen sink

Pengertian grease trap adalah sebuah alat penangkap lemak yang biasanya dipasang dibawah kitchen sink. Fungsi grease trap untuk memisahkan lemak dan minyak dari air.

Kenapa lemak dan air pada saluran pembuangan dapur harus dipisahkan?

Lemak atau minyak yang dibiarkan terlalu lama pada saluran pembuangan akan menempel pada dinding pipa, sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan pipa tersumbat.

Sistem pemisah lemak ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam sistem pengolahan air limbah (waste water management).

Baca juga

Cara kerja dari bak lemak atau grease trap

Prinsip kerja yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan beda berat jenis antara minyak dan air. Minyak memiliki berat jenis yang lebih ringan daripada air, sehingga jika dijadikan satu wadah maka minyak akan seolah-olah mengapung berada diatas air.

ilmuteknik.id - cara kerja bak grease trap portable
cara kerja grease trap

Didalam sebuah sistem bak penangkap lemak setidaknya ada dua hingga tiga buah sekat yang berhubungan. Air bekas yang bercampur dengan minyak dan makanan sisa akan masuk ke bilik pertama. Kotoran akan mengendap ke dasar bak pemisah lemak, dan minyak akan mengapung ke bagian paling atas.

Ingatt !!! Penangkap lemak ini tidak dapat membersihkan lemak dengan sendirinya, sehingga kamu harus rutin membersihkannya kalau tidak grease trap akan bau.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, bak penangkap lemak yang dulunya terbuat dari beton kini mulai tergeser dengan grease trap stainless, grease trap pvc..

Harga grease trap tentunya sangat bervariasi, bergantung jeinsnya, ukuran grease trap, dan bahan yang digunakan. Namun untuk skala rumahan ILMUTEKNIK.ID sarankan cukup menggunakan portable grease trap yang diletakkan dibawah kitchen sink atau wastafel.

Gambar detail greas trap portable

Cara membuat penangkap lemak ini cukup menggunakan stainless steel yang dibending hingga berbentuk seperti gambar dibawah.

Jika kamu berminat mendapatkan desain alat penangkap lemak dibawah ini bisa langsung menghubungi kami melalui INSTAGRAM kami di @iteknik_official. Tersedia dalam gamabr 2 dimensi maupun 3 dimensinya. Beserta part-partnya dalam format .ipt.

Jika diperlukan kami siap membantu mendesain ulang, bahkan membuat gambar baru sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

ilmuteknik.id - gambar grease trap dimensi, bak penyaring lemak dan kotoran dapur
Tampak 3 dimensi gambar bak penangkap lemak / grease trap
ilmuteknik.id - gambar bak lemak / grease trap 2 dimensi, bak penyaring lemak dan kotoran dapur
Gambar kerja bak penangkap lemak / grease trap tampak atas
ilmuteknik.id - gambar kerja bak grease trap 2 dimensi, bak penyaring lemak dan kotoran dapur
Gambar bak penangkap lemak / grease trap tampak samping

Desain-desain alat atau mesin menggunakan autodesk inventor dapat kamu lihat disini.

Semoga artikel ini tentang Pengertian, Fungsi dan desain Grease Trap ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.