Mengenal Apa itu Beton Decking Beserta Fungsinya

Beton decking merupakan salah satu bagian penting dalam proyek konstruksi karena banyak digunakan ketika pengerjaan pengecoran, yang mana diletakkan diantara besi dan bekisting.

Fungsi beton decking adalah untuk memastikan bahwa jarak antara pembersian dan selimut beton telah susuai dengan rencana. Selimut beton sendiri merupakan jarak terluar beton dengan sisi terluar bahan.

JIka tidak ada decking beton maka posisi besi akan turun, sehingga terlalu rapat dengan kulit luar selimut beton. Hal ini dapat menyebabkan besi mengembang dan membuat selimut beton retak, yang tentunya sangat membahayakan hasil proyek tersebut.

Baca juga Apa Itu Test Slump Beton

Beton decking terbuat dari campuran antar beton atau spesi yang kemudian dicetak menggunakan cetakan dari pipa PVC, yang diisikan kawat bendrat pada bagian tengahnya untuk nantinya diikat pada tulangan. Ikatan kawat ini untuk memastikan decking tidak bergeser saat pengecoran. Sehingga dari segi kekuatan akan maksimal dan tulangan aman dari korosi.

Dilapangan beton decking memiliki istilah tahu beton, dengan bentuk slinder atau kotak dengan berbagai ukuran, umumnya memiliki ketebalan 5 cm dengan diameter 5 cm-10 cm tergantung kebutuhan.

Ketebalan selimut beton pastinya berbeda, bergantung pada kondisi iklim proyek konstruksi tersebut. Misalnya saja pekerjaan konstruksi saat cuaca ekstrim, dimana tingkat garam atau asam sedang tinggi tentunya berbeda dengan pekerjaan konstruksi saat cuaca normal. Ketebalan selimut beton berfungsi untuk melindungi beton dari kontaminasi lingkungan luar yang berpengaruh terhadap daya tahan beton tersebut.

Decking beton yang dibuat di pabrik memiliki sejumlah keunggulan, seperti kualitas dan ukurannya yang akurat, Tentunya ini merupakan solusi dari masalah pembuatannya yang relatif lama dan membutuhkan tenaga kerja ahli untuk pembuatannya.

Baca juga MENGENAL APA ITU BETON READY MIX

Sebenarnya ada alternatif decking lainnya, seperti kayu, batu, maupun bata. Namun decking-decking ini sangat tidak direkomendasikan karena dapat mempercepat rusaknya sistem pembesian dalam beton.

Semoga artikel tentang Mengenal Apa itu Beton Decking Beserta Fungsinya ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Baca juga Pengertian dan Contoh Pengaplikasian Geotextile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *