Lompat ke konten

Berapakah Ukuran Standar Pintu Dan Jendela Rumah Tinggal?

ilmuteknik.id - Ukuran Standar Pintu dan Jendela

Sekilas jika kita amati ukuran pintu dan jendela tampak sama. Sebenarnya pada dasarnya ukuran standar pintu dan jendela sendiri berbeda-beda, bergantung pada letak dan fungsinya.

Baca juga Panduan Memilih Rumah Kunci Pintu

Ukuran Standar Pintu

  1. Pintu Utama
    Pintu utama adalah pintu yang letaknya berada di depan rumah, pintu ini merupakan pintu awal untuk masuk kedalam rumah. Ukuran standar pintu utama adalah 90cm x 210cm. Alasan pintu ini lebar dan tinggi karena merupakan tempat awal untuk memasukan dan mengeluarkan barang, serta seluruh penghuni rumah.
  2. Pintu Kamar
    Ukuran pintu kamar yaitu 80cm x 190cm, alasannya karena fungsinya hanya untuk akses keluar masuk penghuni kamar dan ukuran barang yang dimasukkan ke kamar relatif lebih kecil daripada ruangan utama.
  3. Pintu Kamar Mandi
    Pintu ini memiliki ukuran standar yaitu 70cm x 180cm. Ukuran pintu ini juga disesuaikan dengan ukuran standar kamar mandi yaitu 150cm x 200cm.

Ukuran Standar Jendela

Sama halnya dengan pintu, sebuah jendela juga memiliki ukuran standar yang mana ukuran tersebut disesuaikan dengan fungsi dan letaknya.

  1. Jendela Utama
    Jendela utama terletak pada bagian depan rumah, yang biasanya berhadapan langsung dengan ruang utama. Standar ukuran jendela utama yaitu 80cm x 120cm. Dengan ukuran yang besar ini diharapkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara dalam rumah dapat terpenuhi.
  2. Jendela Kamar
    Jendela kamar memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada jendela utama, ukurannya hanya 60cm x 80cm. Alasannya karena jendela ini hanya digunakan untuk mensirkulasikan udara dan pencahayaan alami dikamar yang ukurannya tak seluas ruangan utama.

Baca juga 10 Tips Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas

Seiring dengan perkembangan desain bangunan dan rumah tinggal, ukuran standar pintu dan jendela ini kadang tidak dipakai. Banyak bangunan dan rumah menggunakan ukuran pintu dan jendela yang lebih besar dari standarnya.

Semoga artikel tentang Ukuran Standar Pintu Dan Jendela Rumah Tinggal ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications