Bahan Atap Kanopi Terbaik dan Paling Awet di Indonesia

ilmuteknik.id - Mengatasi atap kanopi bocor

Bahan Atap Kanopi Terbaik – Kamu sedang mencari bahan kanopi yang cocok untuk rumah? tapi bingung harus memilih jenis bahan atap kanopi yang bagaimana. Perlu kamu ketahui ada banyak jenis bahan untuk atap kanopi yang tersedia di pasaran, bergantung pada peruntukan maupun harga yang ditawarkan.

Baca juga

Atap kanopi banyak digunakan sebagai pelindung tambahan dari teriknya panas matahari mapun hujan. Tak hanya sebagai pelindung, namun atap kanopi mampu meningkatkan nilai estetika rumah kamu. Salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan bahan kanopi bening/transparan kamu mampu mendapatkan pencahayaan alami.

Kebanyakan orang menggunakan atap kanopi untuk garasi, ruang jemur, tempat bermain dan masih banyak laiinya.

Berikut ini ilmuteknik.id berikan daftar bahan atap kanopi terbaik dan paling populer di Indonesia.

Daftar Bahan Atap Kanopi Terbaik

Kanopi uPVC

Bahan kanopi uPVC (Unplasticied Ply Vinyl Chloride) merupakan bahan yang sangat kuat, anti pecah dan tahan lama. Upvc Alderon memiliki 2 tipe, yaitu Alderon RS dan Alderin Twinwall. Alderon RS adalah jenis atap kanopi yang mampu menghalangi bahaya sinar ultraviolet. Sementara Alderon Twinwall didesain memiliki rongga untuk menahan panas serta meredam suara bising ketika hujan.

Untuk kanopi tipe ini memiliki varian doff dan semi transparan yang mampu meneruskan cahaya sebesar 20%, sehingga ruangan tetap sejuk.

Kelebihan Kanopi uPVC Alderon

Keunggulan bahan atap kanopi uPVC Alderon yaitu:

  • Kokoh dan warna tidak mudah memudar
  • Dapat meredam suara dan tahan panas
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • Tidak berkarat dan tahan rayap
  • Tersedia dalam varian warna yang menarik
  • Garansi hingga 15 tahun

Bahan Atap Kanopi Polycarbonate

Kanopi polycarbonate terbuat dari bahan plastik yang bening, kanopi ini mampu menyalurkan cahaya dengan baik. Dengan tampilannya yang jernih kanopi ini baik digunakan untuk partisi ruangan di pusat perbelanjaan, kolam renang dan lapangan olahraga.

Baca juga

Kelebihan bahan kanopi polycarbonate adalah daya tahannya yang bagus, kuat, awet, anti pecah dan proses pemasagannya yang mudah.

Kanopi PVC

Material PVC (Polyvinyl Chloride) dapat kamu temui dengan mudah di kehidupan sehari-hari. Jenis kanopi PVC bisa dikatakan sebagai salah satu jenis atap kanopi terbaik yang kuar dan terjangkau. Dapat dijadikan atap garasi, bahan atap teras, atau kebutuhan atap bangunan lainnya.

Atap Kanopi Fiber

Sifatnya yang tembus cahaya dan tahan lama membuatnya menjadi salah satu jenis atap kanopi yang sangat populer di Indonesia. Rekomendasi merk atap fiber yang populer adalah Alsynite, dipilih karena karakteristiknya yang kuat, awet dan mampu tahan hingga 25 tahun.

Alsynite bagus digunakan untuk industri, bangunan komersial, gudang, garasi, tempat olahraga, teras, hingga pusat perbelanjaan.

Keunggulan Kanopi Fiber

  • Daya tahan hingga 25 tahun
  • Profil dapat disesuaikan dengan jenis atap lainnya
  • Dapat meredam suhu panas dan cuaca ekstrim
  • Dapat menyebarkan cahaya secara merata
  • Tahan bahan kimia
  • Sifatnya tahan api

Atap Kaca

Atap kanopi kaca cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia, dengan atap kaca ini rumah kamu juga akan terlihat lebih estetik dan menarik.

Baca juga

Kekurangan bahan atap kanopi kaca yaitu bebannya yang berat sehingga perlu rangka yang kuat, bahan kaca mudah pecah, dan pemasangannya relatif rumit.

Atap Metal

Kekurangan utama dari atap kanopi metal yaitu suaranya berisik ketika hujan. Selain itu jika terkena paparan sinar matahari warnanya akan cepat memudar.

Atap Kanopi Seng

Atap seng banyak dipakai untuk lapak atau kios,kelemahan bahan ini yaitu akan terasa sangat panas ketika siang hari.

Atap Asbes

Dari segi harga, bahan atap kanopi ini relatif murah, namun berisiko pecah atau retak. Selain itu bahan asbes tidak direkomendasikan karena dapat memicu penyakit paru-paru.

Atap Bitumen atau Aspal

Kelebihan bahan ini yaitu kokoh dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Namun dalam proses pemasangan dan peralatan membutuhkan biaya yang rakatif tinggi.

Ketebalan kanopi untuk penggunaan residensial seperti kanopi teras serta garasi/ carport berkisar 0,8 milimeter sampai 1,2 milimeter untuk bentuk bergelombang, 5mm – 6mm untuk bentuk datar. Tentunya semakin tabal kanopi maka semakin tinggi biaya yang dikeluarkan, tentunya juga sebanding dengan hasil yang didapat.

Baca juga:

Kanopi spandek memiliki ketebalan yang paling tipis diantara kanopi bahan lain, berkisat antara 0,25 mm sampai 0,75 mm, sehingga akan cenderung lebih berisik ketika hujan.

Semoga artikel ini tentang Bahan Atap Kanopi Terbaik dan Paling Awet di Indonesia ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tags

  • bahan atap kanopi bening
  • jenis atap kanopi 
  • bahan atap kanopi 
  • contoh atap kanopi polycarbonate
  • jenis atap kanopi dan harganya
  • bahan kanopi yang bagus dan tahan lama
  • bahan atap kanopi polycarbonate
  • harga atap kanopi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.