Penyebab Korsleting Listrik dan Bagaimana Cara Mengatasinya

ilmuteknik.id - pengertian korsleting listrik dan penyebab korsleting listrik
Pengertian dan cara mengatasi korsleting listrik

Penyebab Korsleting Listrik – Listrik dapat dibilang merupakan suatu kebutuhan utama dalam rumah tangga. Walaupun begitu, masih banyak yang tidak menaruh atensi pada aliran listrik di dalam hunian.

Jika aliran listrik terabaikan serta tidak terpantau bisa berdampak parah, misalnya saja sampai menyebabkan kebakaran.

Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, maka kamu wajib mengerti apa itu korsleting listrik?

Kali ini ilmuteknik.id akan mengulas lengkap seputar definisi korsleting listrik, penyebab korsleting listrik, hingga cara mencegah korsleting listrik.

Pengertian Korsleting Listrik Adalah

Korsleting listrik merupakan keadaan dimana terjadi kerusakan pada jaringan listrik, sehingga menimbulkan arus listrik mengalir lebih pendek dari yang sepatutnya, sehingga menyebabkan lonjakan arus di satu sisi kabel yang memicu munculnya percikan api sampai ledakan.

Baca juga

Penyebab Korsleting Listrik

Lalu apa sih penyebab korsleting listrik ini? Ada banyak hal yang menjadi penyebabnya seperti rusaknya kabel, komponen yang tidak standar, hingga kesalahan saat proses instalasinya.
Ikuti penjelasan ILMUTEKNIK dibawah ini:

  1. Kabel listrik yang rusak

Korsleting listrik terjadi karena bertambahnya usia kabel listrik dan terus terpapar oleh berbagai perubahan suhu, cuaca, dll maka akan semakin besar kemungkinan kabel tersebut rusak.

Hal ini menyebabkan bagian kulit luar (cover) kabel mudah terkelupas. Apalagi kehancuran kabel kerap diakibatkan oleh gigitan hewan pengerat semacam tikus. Kehancuran inilah yang pada akhirnya menimbulkan korsleting listrik. Semut juga dapat mengakibatkan korsleting listrik, Penasaran? Baca disini.

  1. Komponen listrik yang dipakai tidak cocok dengan standarnya

Buat melindungi keamanan pengguna, bermacam komponen listrik yang terjamin mutunya mempraktikkan ciri SNI (Standar Nasional Indonesia) pada produknya. Mengingat mayoritas komponen listrik terbuat bukan dari material yang bagus serta awet sehingga gampang usang.

  1. Korsleting listrik karena air

Korsleting listrik kadang terjadi karena kabel atau perangat listrik terkena cipratan air. Air merupakan penghantar arus listrik yang sangat kilat. Cipratan air ini yang sangat kerap pada komponen listrik dikhawatirkan membuat kabel gampang rusak dan merangsang percikan api sampai tersetrum.

  1. Kesalahan dalam instalasi

Pemicu korsleting listrik yang lain dapat disebabkan kesalahan dalam proses instalasinya. Mengingat tidak seluruh orang mempunyai pengetahuan kelistrikan yang baik. Hingga dari itu, hendaknya supaya nyaman jalani penginstalan listrik oleh orang yang handal. Beginilah cara merancang instalasi listrik pada bangunan yang tepat.

  1. Kapasitas kabel tidak sesuai

Kapasitas kabel yang tidak cocok dengan besaran arus listrik pula dapat menjadi pemicu sebuah korsleting listrik. Mengingat besarnya arus berbanding lurus dengan besarnya luas penampang kabel yang digunakan. Maka untuk mengaliri arus listrik yang besar maka diperlukan kabel dengan luas penampang besar juga.

  1. Sekring yang turun mendadak atau trip

Apakah sekering atau MCB dirumah kamu sering turun saat kamu sedang memasak nasi dan menyetrika baju secara bersamaan?

Sekring atau MCB yang turun ini terjadi karena daya listrik yang yang digunakan terlalu sedikit, tidak sebanding dengan peralatan yang digunakan. Apabila hal ini dibiarkan tentunya tidak baik untuk sistem kelistrikan di rumah kamu, bisa-bisa malah terjadi korsleting listrik.

  1. Sumber listrik dekat dengan api

Paparan panas yang terus menerus pada komponen listrik dapat menimbulkan hubungan arus pendek. sebaiknya jauhkan sumber listrik dari alat- alat yang memicu energi panas.

Baca juga

Cara Mencegah Korsleting Listrik

Terdapat berbagai cara untuk menghindari korsleting listrik yang dapat Kamu terapkan di rumah. Berikut ILMUTEKNIK berikan cara jitu menghindari korsleting listrik.

  • Wajib menggunakan peralatan listrik yang bermutu tinggi dan sesuai standar yang diakui. Setidaknya gunakan peralatan listrik yang telah berlogo SNI( Standar Nasional Indonesia), LMK( Lembaga Permasalahan Kelistrikan), serta SPLN( Standar PLN).
  • Lakukan pengecekan rutin terhadap peralatan listrik dirumah, kondisi kabel, sambungan kabel, stopkontak, saklar, dan lain-lain.
  • Batasi beban listrik supaya tegangan yang digunakan tidak terlalu besar, sehingga resiko terjadinya korsleting listrik menjadi rendah.
  • Lakukan pengecekan kelayakan perangkat listrik. Mengecek apakah spesifikasi kabel yang kamu gunakan telah sesuai dengan standar tegangan serta daya hantar arus listriknya.
  • Sebisa mungkin jangan ada sambungan kabel dengan isolasi yang berisiko menciptakan arus pendek listrik. Walaupun isolasi tidak termasuk penghantar listrik, namun isolasi dapat memuai bila terus menerus terkena paparan panas arus listrik. Isolasi tersebut lambat- laun akan terbakar serta terkelupas, sehingga korsleting bisa terjadi. Metode kerja penyambungan kabel tengangan menengah
  • Jangan biasakan untuk menancapkan perangkat atau steker ke stopkontak dalam jangka waktu lama.
  • Mengubah MCB( Miniature Circuit Breaker). Komponen ini berperan sebagai pelindung instalasi listrik dari arus berlebih.
  • Jauhkan beberapa barang yang dapat menghantarkan listrik ataupun bahan yang mudah terbakar.

Cara Mengatasi Apabila Terjadi Korsleting Listrik

  1. Jika memungkinkan segera matikan sumber listrik untuk menghentikan hubungan arus pendek listrik.
  2. Apabila korsleting diakibatkan karena MCB rusak, maka kamu wajib mematikan kWh meter.
  3. Kamu dapat waspada jika menemui tanda-tanda korsleting listrik, seperti aliran listrik tidak lancar, adanya suara percikan, dll.
  4. Jangan sekali- sekali menyiram kebakaran akibat korsleting dengan air, sebab air merupakan konduktor sehingga dapat membuatmu tersetrum.
  5. Segera panggil pemadam kebakaran apabila kobaran api terus membesar dan tidak terkontrol.

Semoga artikel ini tentang Penyebab Korsleting Listrik dan Bagaimana Cara Mengatasinya ini bermanfaat . Jangan lupa ikuti INSTAGRAM dan FACEBOOK kami dan dapatkan informasi seputar dunia teknik setiap harinya.

Tags:

  • tanda-tanda korsleting listrik
  • korsleting listrik dapat menyebabkan
  • solusi korsleting listrik
  • penyebab korsleting listrik
  • mencegah korsleting listrik
  • korsleting listrik karena air
  • gambar korsleting listrik
  • pertanyaan tentang korsleting listrik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.